Bangun SDM Pemuda Maluku Berkualitas,Pemprov Dukung Gerakan 1000 Startup Digital

AMBON,N25NEWS.com-Kota Ambon untuk pertama kalinya menjadi salah satu kota yang terlibat dalam gerakan 1000 Startup Digital di tahun 2021, dimana Pemprov Maluku menjadi salah satu mitra dalam merealisasi gerakan 1000 Startup Digital.

Gerakan Nasional 1000 Startup Digital diinisasiai oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) yang telah berlangsung sejak tahun 2016, bertujuan untuk menumbuhkan minat generasi muda Maluku menjadi entrepreneur, dan tentunya pelaksanaan kegiatan ini diharapkan melibatkan semua pihak agar bisa mengakselerasi skala bisnis dan ekosistem digital secara lebih cepat, mengingat  sektor informasi dan komunikasi menjadi sangat penting bagi  masyarakat dalam melakukan aktivitas secara daring dalam masa pandemi Covid-19.

Melalui audiensi yang dilaksanakan melalui ruang virtual (zoom) Webinar 1000 Startup Digital,Gubernur Maluku,Murad Ismail,menjelaskan over view dan rencana pelaksanaan sosialisasi gerakan 1000 Startup Digital kepada pemuda Maluku nantinya digelar berbentuk seminar secara daring dan diharapkan pemuda Maluku mampu memahami sekaligus  menjadi bagian dari gerakan ini.

Pemuda Maluku sebagai salah satu penopang perekonomian di Maluku diharapkan dapat mendukung pelaksanaan program ini sehingga mampu mendorong  perubahan di ekosistem digital Indonesia menjadi lebih baik kedepannya khususnya dari pemuda atau pengusaha dan menumbuhkan semangat untuk tetap berkembang dengan ide dan inovasi.

“Target yang ingin dicapai adalah mendorong pemuda Maluku untuk terus meningkatkan mereka dalam jumlah wirausahawan atau investor dan diharapkan bisa menjadi pioner lahirnya starup digital yang mumpuni di Maluku,” ujar Gubernur.

Selain itu, Gubernur Maluku juga sangat mengapresiasi rencana gerakan 1000 Startup Digital pada pemuda Maluku.

Baca juga :   Dari Festival Solohua Di SBB,Widya : Permainan Tradisional Perlu Di Populerkan Kembali

“Untuk itu,Pemorov Maluku terus pemuda Maluku mendorong agar mampu memperoleh pekerjaan.Kadang-kadang pengertian ‘kerja’ bagi para pemuda Maluku ini adalah berkerja disektor swasta maupun pemerintahan,walaupun dengan upah yang tidak terlalu besar. Padahal kalau kita melihat menjadi startup adalah suatu aktivitas yang bisa menumbuhkan inovasi-inovasi serta kreatifitas dan mendatangkan keuntungan, dan ini yang harus digagas dan dikembangkan kedepan,” ujar Gubernur.

Dikatakan,kedepan pihaknya akan berupaya agar pemuda Maluku maupun pelaku usaha diberdayakan agar timbul kesadaran dan pemahaman bahwa teknologi harus dimanfaatkan untuk mendapatkan peluang kerja,sekaligus sebagai bentuk implementasi pengalaman mereka dilapangan.

Lebih lanjut Gubernur mengatakan Pemprov Maluku sangat siap untuk mendorong program kewirausahaan walaupun dalam kenyataannya ditemui bahwa karakter kewirausahaan pemuda Maluku belum terlalu baik.Olehnya itu, diharapkan melalui stratup digital ini bisa merubah mindset dan perilaku berpikir guna membangun masa depan para pemuda Maluku.

Olehnya, kita harus mempersiapkan diri agar dapat bersaing di dunia kerja dan pasar internasional,”ujar mantan Kapolda Maluku ini.

Dia juga menjelaskan bahwa Kedepannya peluang untuk mereka yang membangun startup semakin terbuka dan agar jangan lewatkan momen ini.Terus belajar dan manfaatkan kesempatan.

“Saya berharap tentu saja Pemprov Maluku dapat memfasilitasi potensi yang ada di masing-masing daerah.Program 1000 startup digital kali ini dapat memajukan startup digital khususnya di daerah Maluku,” tutupnya.

Reporter  : Aris Wuarbanaran

Editor      : Redaksi

Check Also

Gubernur Maluku,Penanganan Bahaya Kebakaran Adalah Urusan Daerah Yang Wajib Demi Ketertiban Umum

Penanganan bahaya kebakaran merupakan sub urusan dari salah satu urusan wajib daerah yakni ketertiban umum …