Bank BNI Pastikan Rekening Nasabah Aman

Kepala OJK : Nasabah Tak Perlu Kuatir

AMBON,N25NEWS.com – Pihak menagemen Bank Negara Indonesia (BNI) 46 Cabang Ambon memastikan rekening nasabah yang tersimpan pada Bank BNI tetap dalam kondisi aman, paskah beredarnya bank tersebut telah dibobol dana ratusan miliar sehingga, ada kepanikan warga yang rame-rame mendatangi mesin Ansuran Tunai Mandiri (ATM) untuk menegecek saldonya dan menarik uangnya karena takut jangan-jangan uangnya turut dibobol. Terhadap kepanikan warga Kepala Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Maluku, Bambang Hermanto juga menyampaikan, nasabah BNI yang tercatat di bank tidak perlu khawatir akan simpanannya.

Hermanto yang dihubungi, Kamis(17/10) lewat WhatsApp menjelaskan, bahwa BNI 46 merupakan bank yang diawasi langsung oleh pengawas BNI OJK Pusat sehingga langkah yang diambil pihaknya terlebih dulu berkoordinasi dengan pihak pengawas BNI serta pihak BNI setempat utk menyikapi kasus adanya dugaan pembobolan.

Lewat hasil koordinasi kata Hermanto, pihaknya sudah menindaklanjuti case ini dengan meminta pihak Bank BNI melakukan audit internal investigasi dan audit forensik untuk memastikan korban, pelaku dan aliran uang dan juga meminta pihak BNI untuk bekerjasama dengan kepolisian untuk mengungkap kasus tersebut dengan jelas sehingga masyarakat dapat mengetahui secara jelas.

Bank lanjut Hermanto, memiliki sistem pengendalian internal yang ketat terhadap semua kegiatan operasional termasuk simpanan nasabah sehingga case-case yang terjadi saat ini, bisa jadi karena integritas ataupun moral hasard oknum pegawai atau pihak eksternal.
“Saya menghimbau masyarakat untuk melakukan transaksi simpanan melalui teller ataupun delivery chanell bank yg disediakan dengan memperhatikan keamanan serta secara berkala mengecek saldo tabungan,”imbaunya.

Sebelumnya Pimpinan Cabang BNI Ambon Ferry Siahainenia yang ditemui diruang kerjanya mengatakan, menyikapi informasi yang ada pihaknya telah melaporkan dugaan kasusnya kepihak Kepolisian sehingga persoalanya dapat diketahui secara jelas.

“Saat ini, BNI tetap beroperasi seperti biasanya, semua outlet kita bisa sekarang semuanya beropearsi karena tidak ada masalah dengan dana nasabah dan mesin-mesin ATM yang tersebar dibeberapa titik di Kota Ambon termasuk sembilan kantor BNI yang tersebar di Maluku,”ungkapnya.

Untuk dirinya meminta kepada para nasabah BNI tidak perlu kuatir dengan dananya yang tersimpan di BNI, karena BNI merupakan lembaga perbankan yang harus dapat melindungi dan menjaga dana nasabah, apalagi BNI merupakan salah satu Badan Usaha Milik Negara (BUMN) sehingga tidak perlu ada nasbah yang panik atau kuatir dengan dana simpanannya.

“Wartawan bisa cek aja langsung kelapangan kalau ATM kami masih operasi atau tidak, sehingga berita ini bisa berimbang karena kondisi yang ada dilapangan kami selalu monitor. Saya mau tegaskan sekali lagi bahwa ini sebenarnya tidak ada masalah sehingga nasabah tidak perlu kuatir dengan dananya yang tersimpan di bank kami,”ujarnya.

Disinggung saol informasi bobolnya Rp 124 miliar, menurut Ferry angkanya tidak sebesar itu, namun masih menunggu hasil pemeriksaan pihak Kepolisian.

Kepada nasabah yang masih panik atau takut dengan dana simpanannya lanjut Ferry dirinya meminta untuk bisa melakukan pengecekan langsung ke BNI, baik lewat SMS bengking, mobile bangking atau langsung ke kantor BNI terdekat sebab BNI sangat transfarans dalam memberikan informasi dan itu dilakukan secara profesional.

Reporter : Gali M

Editor : Redaksi

Check Also

299 Tamtama Remaja Resmi Dilantik Di Rindam Pattimura

AMBON,N25NEWS.com-Pangdam XVI/ Pattimura, Mayjen TNI Bambang Ismawan, S.E, M.M., yang diwakilkan oleh Kasdam XVI/ Pattimura, …