Belum Vaksin, Satu CJH Kloter 10 Undur Berangkat

MAKASAR,N25NEWS.COM – Akibat belum mendapat s  untikan Vaksin, satu Calon Jemaah Haji (CJH) yang tergabung dalam penerbangan kloter 10 harua terpaksa mengalami pengunduran keberangkatan.

CJH atas nama Al Mawaris asal desa Nalbesi Kecamatan Leksula Kabupaten Buru Selatan (Bursel) baru bisa diberangkatkan setelah mendapat suntikan Vaksi dari tim kesehatan poliklinik asrama haji Sudiyan Makasar.

Rencana keberangkatan CJH tersebut yang juga anggota DPRD Bursel dari Fraksi Partai Keadilan Bangsa (PKB) namtinya akan diberangkatkan bersama dengan kloter 18 atau 19 setelah kesehatanya pulih kembali.

Berdasarkan informasi yang dihimpun N25NEWS.COM  di asrama haji Sudiyan, belum divaksinnya jemaah tersebut yang seharusnya dilakukan setelah pemeriksaan tim medis di Kabupaten Bursel.

Akan tetapi hal tersebut belum bisa dilakukan lantaran jemaah tersebut saat itu sedang mengalami ganguan kesehatan pada Jantung, sehingga vaksin baru bisa dilakukan saat jemaah tersebut berada asrama haji Sudiyan Makasar.

Sementara itu Kabid Penyelenggara Haji dan Umroh (PHU) Kanwil Kemenag Maluku Yamin S.Ag yang dihubungi via selulernya, Selasa(24/7) mengakui klau ada satu CJH Maluku kloter 10 yang mengalami penundaan keberangkatan bersama kloter 10 lantaran mengalami gangguan kesehatan, namun dipastikan akan berangkat dengan kloter lainnya setelah obat Vaksinya sudah bisa bekerja.

“Jadi sesungguhnya jemaah haji yang bersangkutan, itu tidak langsung gagal berangkat tapi ditunda keberangkatanya dan akan diberangkatkan dengan kloter lain, dia tidak bisa diberangkatkan dengan alasan kesehatan,”jelasnya.

Oleh sebab itu selaku Pemerintah Provinsi Maluku dalam hal Kemenag Maluku dan seluruh kompenen yang ada akan berusaha agar tidak ada jemaah Maluku yang tertinggal seperti yang pernah terjadi pada tahun-tahun sebelumnya. Tetapi pihaknya akan berupaya keras agar seluruh CJH Maluku diberangkatkan.

Untuk mengantisipasi hal tersebut tidak lagi terjadi kedepan kata Yamin, pihaknya akan lebih intensiv dalam memberikan pelayanan kepada jemaah, indormasi, sosialisasi kesshatan dengan berkordinasi dengan pemerintah kabupaten/kota dan dinas kesehatan dan provinsi sehingga hal tersebut tidak lagi perlu terjadi.

Meskipun hal ini terjadi seharus sudah diantisipasi oleh Dinas Kesehatan Kabupaten/kota setempat

Untuk kedepan Yamin berharap agar kejadian serupa tidak.lagi perlu terjadi agar secara langsung sudah dapat diambil langkah oleh Dinas Kesehatan, sehingga hal serupa baru bisa diketahui ketika sudah berada di embarkasi.

“Kedepannya lagi kita akan menggandeng Kementerian Kesehatan  atau Dinkes Kabupaten/kota dan Provinsi untuk melihat hal ini tidak perlu lag terjadi,”harapnya.

Oleh : Gali Markalin

Check Also

Ramadhan Berbagi, Ketua Fraksi PKS Serhakan Bantuan 100 Paket Sembako di Iha Kulur

Huamual,N25NEW.com – Ketua Fraksi Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Turaya Samal berbagi kasih di kampung halamannya, …