Bentuk Satgas WI, OJK Gelar Sosialisasi Bareng Para Tokoh Maluku

AMBON,N25NEWS.COM – Maraknya aktivitas beberapa entitas baik perusahaan, yayasan serta koperasi maupun bentuk badan usaha lain  berpotensi merugikan masyarakat di berbagai daerah di Indonesia salah satunya di Maluku rupanya menimbulkan keresahan pada pihak pengguna jasa/konsumen.

Menyikapi hal itu, dibentuklah Satgas Waspada Investasi berdasarkan Keputusan Dewan Komisioner OJK Nomor 29/KDK.01/2016 tertanggal 16 Agustus 2016.

Pasalnya, Satgas WI merupakan wadah koordinasi antar investasi tingkat daerah dalam upaya pencegahan dan penanganan penghimpunan dana masyarakat dan penawaran investasi yang di duga melawan hukum dan berpotensi merugikan masyarakat.

“Hingga dirasa  pula sosialisasi ini, sebagai upaya peningkatan pengetahuan tentang modus-modus investasi dan penghimpunan dana dengan cara melanggar hukum,” pungkas Kepala OJK Maluku, Bambang Hermanto, Kamis (22/03/18) pada Ballroom Almaris Hotel, Kota Ambon.

Pembentukan tim WI ini kemudian merupakan gabungan dari pada Kantor OJK Provinsi Maluku, Kepolisian Daerah Maluku, Kejaksaan Tinggi Maluku, Kanwil Agama Maluku, Dinas Koperasi dan UMKM Provinsi Maluku dan instansi terkait lainnya.

“Disamping itu, berdasarkan informasi yang diterima Satgas WI Maluku, ditemukan beberapa aktivitas entitas dengan potensi merugikan masyarakat Maluku diantaranya Janji pelunasan hutang dan penyaluran bantuan/kredit dengan berbagai modus yang dilakukan contohnya UN Swissindo, Koperasi Pandawa Malang serta yayasan anak bangsa,” tandasnya.

“Selain itu, skema ponzi/Paramida dengan modus investasi atau penjualan produk,” tutupnya.
(Amy Latuny)

Check Also

Garap Dan Maksimalkan Potensi Industri Perikanan Di Indonesia Timur, Ambon New Port Segera Dibangun

JAKARTA,N25NEWS.com-Pengembangan Ambon New Port beserta industri yang terintegrasi akan segera dilakukan untuk mendukung sektor perikanan …