Besan : Pemkab Buru Tegas Tindak Pelaku Perusak Lingkungan Di Gunung Botak

AMBON,N25NEWS.COM – Kerusakan lingkungan akibat dampak penambangan ilegal pada kawasan Gunung Botak, Kabupaten Buru hanya menyisakan masalah yang tak ada habisnya.

Berawal dari penggunaan limbah merkuri dengan bebas yang merusak habitat ekosistem, sampai kepada mengambil nyawa antar sesama warga penambang.

Menyikapi persoalan tersebut , Wakil Bupati Buru, Amostafa Besan yang ditemui N25NEWS.COM usai Rapat Musyawarah khusus dan pelantikan Analisa penanggulangan kemisikinan provinsi Maluku, Kamis (22/03/18) pada Kantor Gubernur Maluku, Kota Ambon.

Dirinya mengakui, untuk persoalan ini kemudian kewenangan regulasi ada pada pemerintah provinsi Maluku . Hingga saat ini sudah 23 kali pemerintah Kabupaten mengambil langkah hukum namun hasilnya nihil.

“Dari hasil pengisian yang melibatkan segenap unsur baik itu TNI Polri, Tokoh Agama, Pemuda serta tokoh adat ternyata seminggu dua minggu kemudian sudah lagi ditemukan aktifitas penambangan,” tandasnya.

Untuk itu, dirinya menegaskan Pemerintah Daerah Buru punya kewenangan hukum yang jelas yang mengacu pada Regulasi ,namun disini perlu ketegasan dari pemerintah Provinsi dan semua elemen yang ada untuk menegakkan hukum dibidang lingkungan maupun bidang Pertambangan.

“Saya sangat prihatin dengan kondisi yang sebenarnya terjadi dan saya menyayangkan smua yang terjadi tak sesuai dengan yang di harapkan,” sesal Wabup.

Dirinya kemudian menanggapi, Hari ini jika semua regulasi dikembalikan kepada pemerintah Kabupaten Buru maka pihaknya akan berkoordinasi dengan aparat penegak hukum menindak tegas semua pelaku-pelaku penambang liar yang ada dan pelaku perusak lingkungan dari dampak penambangan yang ada.

Dampak akibat penambangan liar akan dirasakan 20 hingga 30 tahun kedepan Akan terjadi bencana besar. Untuk itu, Besan berpesan “Pemerintah Kabupaten Buru selalu serius terhadap persoalan ini dan terus melakukan sosialisai pencegahan yang melibatkan setiap unsur,” tutupnya.
(Reimond Souisa)

tags

Check Also

Kajari Namlea Terus Melakukan Revolusi Mental Keagamaan Anak Anak Panti Asuhan Huke Ina

NAMLEA,N25NEWS.com –  Menjelang Bulan Suci Ramadhan Majelis Taklim Fatimah mengadakan kunjungan ke Panti Asuhan Huke …