Kepala Badan Narkotika Nasional (BNN) Provinsi Maluku Drs.Iman Sumantr.MSi menyebut sepanjang tahun 2019 ini pihaknya...

Dikirim oleh n25news.COM pada Kamis, 26 Desember 2019

BNNP Maluku Berhasil Amankan 15 Orang tersangka Dan Tes Urin 2.186 Orang sepanjang Tahun 2019

AMBON.N25NEWS.com – Kepala Badan Narkotika Nasional (BNN) Provinsi Maluku Drs.Iman Sumantr.MSi menyebut sepanjang tahun 2019 ini pihaknya telah mengungkapkan sebanyak 15 kasus Narkotika dengan jumlah berkas perkara pidana P-21 sebanyak 15 dan tersangkah 15 orang dan telah tes urine sebanyak 2.186 orang.

Hal ini di jelaskannya saat gelar press release akhr tahun di Kantor BNNP Maluku jumat 27 Desember 2019.

Lebih lanjut Kepala BNNP Maluku mengatakan pengungkapan kasus tindak pidana narkotika di BNNP Maluku selama 3 tahun terakhir (2017-2019) terus meningkat, dimana pada tahun 2017 berhasil di mengungkap 10 berkas perkara,tahun 2018 meningkat menjadi 14 berkas perkara dan tahun 2019 ini 15 berkas perkara.sehingga 3 tahun belakangan selalu melebihi target.

Sementara itu untuk pemberantasan penyalahgunaan Narkotika,BNN Privinsi Maluku melakukan berbagai upaya untuk mengajal pecandu dan penyalaguna Narkotika melaporkan diri di Instansi Penerima Wajib Lapor (IPWL) yang te4rsebar di seluruh wilayah provinsi Maluku.

“Untuk tahun 2019 ini, BNNP Maluku,telah mempersiapkan beberapa tempat yang di annggap memenuki kriteria untuk tempat rehabilitasi.baik itu rawat jalan maupun rawat nginap,”jelas Iman Sumantr.

Sementara itu untuk rawat jalan Kata Kepala BNNP Maluku ini,terus megalami peningkatan,hal dapat di lihat dari trend korban penyalaguna yang mengikuti program rehabilitasi tiga tahun terakhir dimana tahun 2017 sebanyak 38 klien,tahun 2018 sebanyak 39 klien dan tahun 2019 sebayak 49 klien.

“Untuk pencegahan dan pemberdayaan masyarakat BNNP Maluku telah di lakukan berbagai langkah guna meminimal jumlah pencandu dan penyalaguna di Provinsi Maluku,sehingga dapat membentuk masyarakat yang imun terhadap bahaya penyalagunaan narkotika,”ujarnya lagi.

Lebh lanjut di katakannya ,tahun 2019 untuk pencegahan dan pemberdayaan masyarakat pihaknya telah melakukan 114 kegiatan diseminasi informasi melalui media konvensional dengn jumlah sasaran sebaran informasi sebanayak 17.438 orang yang berasal dari kelompok pekeerja (Pmerintah dan Swasta),pelajar,mahasiswa maupun masyarakat.

Sementara itu untuk kegiatan Branding ,phaknya juga telah memasang One Way Visuon sticker di 20 angkutan umum dengan trayek di Kota Ambon,Kabupaten Maluku Tengah.

“Untuk pemberdayaan masyarakat BNNP Maluku gelar kegiatan Bimbingan Teknis Life Skill bagi masyarakat rawan narkoba di Desa Kamariang Kabupaten Seram Bagian Barat,Bimbingan Teknis dalam rangkah sinergitas program pemberdayaan alternative dengan stakeholder di Kabupaten Maluku Tengah dengan 20 instansi,rakor program pemberdayaan pengiat anti narkoba di instansi Pemerintah Kota Ambon dengan 30 instansi,Workshop penggiat anti narkoba di lingkup swasta di Kota Ambon dengan 25 instansi,Bimtek penggiat anti narkoba l;ingkungan masyarakat menghadirkan 50 peserta kemudian Workshop penggiat anti narkoba di lingkup pendidikan Kota Ambon dengan 30 instansi dan kami BNN Provinsi Maluku melaksanakan tes urine kepada masyarakat ,instansi pemerintah dan swasta sebanyak 2.186 orang,”ujarnya sambil mengakhiri Press Release akhir tahun BNNP Maluku.

Check Also

299 Tamtama Remaja Resmi Dilantik Di Rindam Pattimura

AMBON,N25NEWS.com-Pangdam XVI/ Pattimura, Mayjen TNI Bambang Ismawan, S.E, M.M., yang diwakilkan oleh Kasdam XVI/ Pattimura, …