BPNB Maluku Gelar Bincang-bincang Bersama Jurnalis

AMBON,N25NEWS.COM-Balai Pelestarian Nilai Budaya (BPNB) Provinsi Maluku bersama media N25NEWS.COM,menggelar bincang-bincang dengan para jurnalis Maluku,yang berlangsung di Kafe Neo Jln.A.Y.Patty,jumat malam (26/7/2019).

Dalam kesempatan itu,Direktur Warisan dan Diplomasi Budaya Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI,Nadjmamuddin Ramly,memaparkan tentang kebudayaan Indonesia yang begitu beragam dan dikagumi oleh bangsa-bangsa di dunia.

Jelasnya,Indonesia sekarang ini menjadi negara super power budaya (Indonesian super power of countries) atau negara adidaya budaya.

Pernyataan ini disampaikan oleh mantan direktur United Nation Of Education Sanctifick Cultural Organization (UNESCO) salah satu organisasi PBB yang memberikan naungan terhadap pendidikan ilmu pengetahuan dan Kebudayaan Irina Bukova.

“Saya baru melihat data negeri ini,34 provinsi 514 kabupaten/kota,794 kecamatan,82.55 Lurah,Kelurahan,kampung dan ngarai,1.755 pulau,719 bahasa daerah 1.340 etnik,suku,”kata dia.

“Sekarang kita juga telah memiliki 819 karya budaya tak benda nasional yang ditetapkan oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan,jelas pria kelahiran Donggala Sulawesi Tengah ini.

Baca juga :   Pemuda Desa Kawa SBB Tewas Ditikam Orang Tak Dikenal

Sementara itu,telah tercatat kurang lebih 13.000 tarian budaya tak benda dan jika di tahun 2019 ini ditetapkan lagi 250 tarian lagi maka akan menjadi 1019 tarian tak benda nasional.

Selain itu juga,ada 10 kebudayaan lagi yakni tradisi lisan,manis truk,ritus,seni,bahasa,adat istiadat,pengetahuan tradisional,teknologi tradisional,olahraga tradisional dan permainan rakyat.
“Kita juga telah miliki 9 budaya tak benda mulai batik,cara membuat batik,keris,wayang,tari zaman,noken Papua,3 gendre tari Bali,angklung dan Pinisi,”tuturnya.

Untuk diketahui juga bahwa tahun ini,juga akan direncanakan seni pencak silat akan masuk dimana keputusannya di bulan Desember di Bogota Kolombia Amerika Selatan,sedangkan di tahun 2020 masuk pantun dan 2021 akan masuk gamelan.

“Untuk itu,saya berharap wartawan ikut berperan aktif dengan menyampaikan nilai-nilai budaya ini kepada masyarakat,sekaligus memberikan pemahaman tentang pentingnya nilai budaya,sehingga generasi kita yang akan datang dapat mengetahui betapa hebatnya nilai budaya yang bangsa kita miliki,”tandasnya.

Reporter. : Aris Wuarbanaran
Ediror : Redaksi

Check Also

UPT Pemasyarakatan Sabet Penghargaan Dari Dirjenpas

AMBON,N25NEWS.com  – Delapan Unit Pelaksana (UPT) Pemasyarakatan di lingkungan Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Hukum dan …