Buka Rapat Telaah Program KKBPK,Damanik Berharap BKKBN Maluku  Mampu Maksimalkan Program KKBPK Ke Kabupaten/Kota

AMBON,N25NEWS.com – Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional ( BKKBN) Provinsi Maluku harus mampu mendorong dan memfasilitasi kabupaten dan kota kotanya sehingga dapat memaksimalkan program strategi Kependudukan Keluarga Berencana dan Pembangunan Keluarga (KKBPK) pada Kabupaten/Kota di Maluku.

Dimana makasimalnya program KKBPK dapat diintegrasikan ke dalam rencana pembangunan jangka menengah daerah dan rencana kerja pemerintah daerah di daerah masing-masing Kabupaten/Kota.
Untuk itu Pemda Maluku dan Kabupaten/Kota harus dapat mengembangkan berbagai bentuk kegiatan prioritas untuk diimplementasikan dilapangan, dengan implementasi atau operasionalnya dapat bersumber pada Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN) maupun APBD yang semunya harus terintegrasi. Demikian penegasan Deputi Litbang BKKBN Pusat Prof Drh Moh Rizal Damanik dalam rapat telaah program KKBPK yang berlangsung di Hotel Santika Premiere, Selasa(3/9/2019).

Dengan demikian perwakilan BKKBN bersama Pemda Maluku serta Kabupaten/Kota dengan segenap mitra kerja dapat bekerjasama dengan baik dalam pembangunan program KKBPK guna meningkatkan kualitas hidup manusia.

Untuk Ia berharap agar seluruh unit kerja di lingkungan BKKBN provinsi Maluku, terlebih khusus Plt Kepala Perwakilan BKKBN Maluku untuk dapat menindaklanjuti dan menerjemahkan dalam pelaksanaan program di sisa waktu kurang dari 4 bulan, sehingga menjadi forum untuk mengidentifikasi sinergitas kegiatan antar bidang dengan mitra terkait, semoga target-target mampu dilakukan sesuai dengan kapasitas dan pada akhirnya keberhasilan program KKBPK akan memberikan manfaat bagi generasi masa depan dan negara dalam mengelola kehidupan yang lebih sejahtera.

Baca juga :   Pemuda Desa Kawa SBB Tewas Ditikam Orang Tak Dikenal

Dikatakan, pembangunan keluarga di setiap wilayah dan kelompok masyarakat, memiliki akses pelayanan KB dan kesehatan reproduksi yang merata dan berkualitas, terutama dalam sistem jaminan sosial kesehatan.
Meningkatkan pemahaman remaja mengenai KB kesehatan reproduksi dalam rangka penyiapan kehidupan berkeluarga, dapat meningkatkan peran dan fungsi keluarga dalam pembangunan, serta menguatkan landasan hukum dan menyerasikan kebijakan pembangunan dibidang KKBPK pada tingkat pusat maupun daerah.

Bahkan hal tersebut juga dapat meningkatkan kualitas data dan informasi kependudukan berbasis keluarga, menurut nama dan alamat yang akurat terkini dan tepat waktu untuk dijadikan sebagai basis dalam memberikan pelayanan dasar kepada masyarakat dan sekaligus pengembangan kebijakan dan program pembangunan.

Berdasarkan data nama dan alamat yang dimiliki BKKBN saat ini sangat lengkap yang pada tahun 2020 mendatang, BKKBN akan mengadakan sensus penduduk untuk memperbaharui data-data yang dimiliki BKKBN untuk melihat berbagai program dan kegiatan yang telah dilakukan sejak Agustus bulan, sehingga perlu dilakukan evaluasi secara komprehensif terkait capaian kinerja program dan kegiatan yang menjadi tanggung jawab BKKBN baikke tingkat provinsi.

Damanik juga meminta pihak BKKBN Maluku khususnya pejabat daerah setempat dapat lebih memahami apa yang disampikannya selaku deputi Litbang BKKBN pusat.

Check Also

UPT Pemasyarakatan Sabet Penghargaan Dari Dirjenpas

AMBON,N25NEWS.com  – Delapan Unit Pelaksana (UPT) Pemasyarakatan di lingkungan Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Hukum dan …