Buka Sosialisasi Renta Rego Sebut BKL Jadi Wadah Untuk Mewujudkan 7 Dimensi Lansia Tangguh

AMBON,N35NEWS.com-Sesuai dengan data BPS tahun 2018 populasi lansia (lanjut usia) di Indonesia berjumlah 24.49 juta jiwa,atau 9,27 persen dari total penduduk.Peningkatan dari penduduk lansia ini sangat signifikan,maka sesuai proyeksi penduduk lansia pada tahun 2045 lansia akan mencapai 19,8 persen.

Hal itu dikatakan Kepala perwakilan BKKBN Provinsi Maluku Dra.Renta Rego,dalam sambutannya pada acara Pembukaan Sosialisasi 7 (Tujuh) Dimensi Lansia bagi Pengelola Dan Perlaksana Program Banggakencana Tahun 2020,yang berlangsung di Ambon,10 Maret 2020.

Lebih lanjut,ia mengakatakan Penuaan penduduk merupakan salah satu hasil pembangunan seperti peningkatan kesehatan,gizi,pendidikan dan teknologi.Sehingga kualitas hidup lansia lebih baik dan usia harapan hidup meningkat.Selain itu besarnya jumlah penduduk lansia dapat membawa dampak positif maupun negatif.

“Kita akui kehadiran lansia dapat dapat berdampak positif apabila penduduk tersebut berada dalam keadaan sehat,aktif dan produktif,namun apabila banyak lannsia yang rentan karena mengalami penurunan kapasitas fisik,mental akan berdampak negatif bagi pembangunan,”jelas Rego.

Adapun,disadari kondisi lansia saat ini juga bukan tanpa ada masalah,terutama terkait aspek kesehatan dan ekonomi yang akan berdampak pada kualitas SDM pembangunan,maka harus menjadi perhatian.

Olehnya,BKKBN dilingkungan masyarakat adalah kelompok Bina Keluarga Lansia (BKL) menjadi wadah untuk mewujudkan lansia melalui 7 Dimensi Lansia Tangguh.

“Saya menyambut baik kegiatan ini,sehingga berharap kelanjutnnya,peserta dapat mensosialsisasikan materi 7 (Tujuh) Dimensi Lansia Tangguh kepada keluaga lansia maupun pada setiap kegiatan kelompok Bina Keluarga Lansia (BKL) dalam upaya meningkatkan kualitas hidup lansia di provinsi Maluku,”tandas Rego.

Editor : Aris Wuarbanaran

Check Also

Danrem 151/Binaiya,Kasus Covid-19 Di Maluku Terjadi Penurunan

AMBON,N25NEWS.com-Dandrem 151/Bianaiya Brigadir Jenderal Aristoteles Paplapna Ritiauw yang adalah Wakil Ketua Satgas Penanganan Covid-19 Provinsi …