Bupati Maluku Tenggara Hadiri Acara Peresmian dan Pemberkatan Gereja Ngilngof

MALRA,N25NEWS.com – Bupati Maluku Tenggara, M. Thaher Hanubun, menghadiri acara peresmian dan Pemberkatan Gereja Santa Maria Stasi Ngilngof Paroki Santo Petrus Paulus Namar Kei Kecil, Senin, (6/1/2020).

Acara didahului dengan Penjemputan Uskup Diosis Amboina, Mgr. P. C. Mandagi, MSC, Bupati Maluku Tenggara, bersama Rombongan dijemput secara Adat dan diiringi dengan tarian adat menuju Woma dan selanjutnya menuju Gedung Gereja Baru St. Maria Stasi Ngilngof.

Acara didahului dengan Penekanan Tombol Sirene dan Penandatanganan Prasasti oleh Uskup Diosis Amboina dan Bupati Maluku Tenggara sekaligus Penyerahan Kunci Gedung Gereja Baru.
Selanjutnya Pengguntingan Pita oleh Ibu R. Beruatwarin/T.

Pada kesempatan tersebut, Bupati Maluku Tenggara, M. Thaher Hanubun sempat membacakan sambutan Gubernur Maluku,menyampaikan bahwa Gereja adalah sebuah persekutuan dan kehidupan religius bersama Allah, yang berpusat pada penyelamatan Allah dalam Tuhan Yesus Kristus. Mencermati pentingnya makna keberadaan gereja bagi umat Katolik, maka pembangunan gereja tentunya tidaklah dimaknai hanya sebatas pada pembangunan gedung gereja tentunya tidaklah dimaknai hanya sebatas pada pembangunan gedung gereja semata, tetapi lebih daripada itu, menjadi wahana pembinaan dan pengembangan mental spiritual umat kristiani, yang berakar pada persekutuan dalam membangun iman dan jati diri orang percaya.

Lanjut Bupati, moment ini menjadi pesta Iman Umat Katolik Stasi Ngilngof dalam mensyukuri Berkat, penyertaan dan anugerah Tuhan.

Dikatakannya bahwa Gubernur Maluku juga berupaya untuk mewujudkan Visi Pembangunan Maluku 2019-2024 yakni Mewujudkan Maluku yang Terkelola Secara Jujur, Bersih dan Melayani, Terjamin Dalam Kesejahteraan dan Berdaulat Atas Gugusan Kepulauan.

Diapun berharap, Gedung Gereja ini dapat menjadi pusat pembentukan karakter dan moral yang mampu membangun hidup yang berkualitas, sehingga dapat mewujudkan tatanan hidup bergereja, bermasyarakat, berbangsa dan bernegara yang semakin maju dan berkembang, ditengah dinamika dan tantangan perkembangan zaman yang semakin kompleks.

Selain itu Dia meminta dukungan dari seluruh elemen masyarakat Maluku, termasuk umat Katolik di Maluku untuk mendukung tugas dan tanggungjawab yang sementara dilaksanakan.

Saat ini pihaknya  terus berupaya untuk menurunkan angka kemiskinan dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat, serta menjaga sumber daya alam, sehingga dapat dinikmati juga oleh anak cucu .

Disamping itu kata Hanubun,Gubernur  Maluku  meninta kepada seluruh masyarakat Maluku, agar dapat menjaga situasi dan kondisi kamtibmas sehingga aktifitas penyelenggaraan pemerintahan, pelaksanaan pembangunan dan pelayanan kemasyarakatan dapat berjalan dengan baik.

Disamping itu, Bupati Maluku Tenggara, M. Thaher Hanubun juga menyampaikan sambutannya bahwa Pemerintah Daerah memiliki komitmen yang besar untuk terus mengembangkan seluruh umat beragama di daerah ini lewat bantuan pembangunan sarana peribadatan serta kegiatan-kegiatan keimanan lainnya. Pemerintah Daerah telah menyerahkan bantuan pembangunan sarana peribadatan bagi Pembangunan Gereja Katedral Langgur dan Gereja Santo Joseph Ohoijang serta Sarana Peribadatan lainnya. Pemerintah berharap, bantuan-bantuan ini dapat mempercepat penyelesaian pembangunan sarana peribadatan yang ada di Maluku Tenggara.

Uskup Diosis Amboina, MGR. P. C. Mandagi, MSC menyampaikan proficiat kepada Umat Ngilngof atas Peresmian Gedung Gereja baru. Beliau juga menyampaikan terima kasih kepada semua agama yang turut membantu untuk mensukseskan Acara ini. “Gereja ini harus penuh, setiap hari minggu”, kata Uskup. Uskup minta kepada Bupati agar sekiranya adil dalam memperhatikan semua golongan agama, Gereja Katolik, Protestan dan Masjid.

Mandagi berikan contoh, di luar negeri terjadi krisis iman, banyak gereja dijadikan pabrik. Di Indonesia, Gedung Gereja banyak, tapi kurang ada persatuan. Kita boleh beda dalam tradisi, masuk tempat ibadat tetapi satu dalam Tuhan.
Ujar Mandagi, Semoga dengan adanya Gedung Gereja, kita boleh diajarkan “KASIH”.

Turut hadir pada Acara tersebut, Wakil Bupati Maluku Tenggara bersama Ibu, Bupati Kabupaten Mappi bersama Ibu, Bupati Kaimana, Ketua DPRD Kab. Maluku Tenggara, Wakil Walikota Tual, Bupati dan Wakil Bupati Maluku Tenggara Periode 2008-2013, 2013-2018, Pj. Sekretaris Daerah Malra, Anggota DPRD Provinsi Maluku, Ketua dan Anggota DPRD Kab. Maluku Tenggara, Anggota DPRD Kab. Mappi, Forkopimda Maluku Tenggara, Pimpinan BUMN/BUMD, Intansi Vertikal, Pimpinan OPD, Para Pastor dan Suster, Para Donatur baik dalam dan luar daerah, umat dan masyarakat di Kab. Maluku Tenggara serta keluarga Ohoi Ngilngof dari perantauan.

Pada Acara hiburan, Panitia menghadirkan Artis Citra Scolastika dan Sanza Soleman serta suguhan berbagai tarian adat dari Kab. Kepulauan Tanimbar, Kabupaten Merauke, yang menghibur ribuan masyarakat Ohoi Ngilngof.

Sumber :Humas Pemda Malra

Check Also

Ketua DPD SKP Malra: Pemerintah, TNI-Polri Semakin Kompak Menanggulangi Wabah Covid-19

MALRA,N25NEWS.com – Ketua DPD Satria Kita Pancasila Maluku Tenggara yang juga Wakil Bupati Malra Petrus …