Canangkan 11 September Kalesang Negeri,Gubernur Maluku Minta Warga Peduli Lingkungan  

AMBON,N25NEWS.com-Gubernur Maluku,Murad Ismail melakukan pencanangan Gerakan 11 September dengan tema besarnya Kalesang Negeri,Lingkungan Bersih Mayarakat Sehat.Yang dipusatkan di jalan Jenderal Sudirman Kelurahan Pandan Kasturi Tantui Ambon,jumat (11/9).

Adapun,pencanagan itu,dengan ditandainya penekanan tombol sirene oleh Gubenur Maluku,didampingi Wagub Barnabas Orno,bersama Pangdam XVI Pattimura,Mayjen Agus Rohman,Kapolda Maluku Irjen Pol Baharudin Djafar,Kajati Maluku,Rorogo Zega dan Walikota Ambon, Richard Louhenapessy,serta dilanjutkan dengan pengecatan atap rumah disalah satu rumah warga Pandan Kasturi.

Sementara itu,dalam sambutannya Gubernur Maluku Murad Ismail menyampaikan,gerakan 11 September  bertemakan lingkungan bersih ,masyarakat sehat yang dilaksanakan ini adalah upaya membangun kesadaran seluruh  masyarakat untuk peduli dan mencintai lingkungan.

Selain itu,Gubernur juga sangat mengapresiasi  komunitas masyarakat yang menginisiasi gerakan ini dan mengharapkan dukungan penuh pemerintah di berbagai level terhadap kegiatan-kegiatan seperti ini.

Hal itu,guna  mendorong partisipasi masyarakat dalam menjaga kebersihan lingkungan masing-masing perlu dilakukan mulai dari tingkat kabupaten/kota ,para raja ,latupati ,kepala desa ,lurah hingga ketua RT/RW hingga masyarakat yang paling bawah.Karena,hanya dengan peran serta masyarakat kebersihan lingkungan akan terjaga secara berkesinambungan.

“Sejalan dengan itu,saya sangat mengharapkan melalui kegiatan ini dapat menjawab permasalahan lingkungan dan mendorong kita semua berkontribusi terhadap lingkungan disekitar kita,”jelas mantan Dankor Brimob RI ini.

Untuk itu,Gubernur berharap melalui kegiatan ini dapat membawa manfaat terutama  ekonomi dan kesehatan bagi masyarakat,di seluruh Maluku .Dirinya,juga meminta komitmen dari semua kalangan untuk mendukung program-program seperti ini secara berkelanjutan.

Ditempat yang sama Ketua panitia,Haji Mus Mualim menyampaikn,sejumlah kegiatan akan dilakukan yakni bersih-bersih lingkungan,penanaman mangrove hingga pengecatan 200 rumah masyarakat pada area Kota Jawa dan kelurahan Pandan Kasturi.

Di saat itu juga pangdam XVI Pattimura ,mayjen TNI,Agus Rohman menyerahkan bantuan bibit cengkeh kepada masyarakat Latu,Hualoy,Tomalehu Kabupaten Seram Bagian Barat (SBB).

Reporter    : Aris Wuarbanaran

Editor        : Redaksi

Check Also

Sehari Sebelum Dilantik,Widya Buka Pembekalan Pengurus Kwarda Maluku

AMBON,N25NEWS.com-Jelang sehari dilantik oleh Ketua Kwarnas Pramuka, Budi Waseso, Pengurus Majelis Pembimbing Daerah (Mabida), Kwartir …