Cegah Corona, Gubernur Maluku Larang OPD Keluar Daerah

AMBON,N25NEWS.com-Gubernur Maluku Drs.Murad Ismail,melarang semua Organisasi Perangkat Daerah (OPD) untuk keluar daerah (ke Jakarta).Larangan ini dikeluarkan sebagai langkah antisipasi dan penyebaran Virus Corona (Covid-19) di provinsi kepulauan ini.

“Banyaknya undangan ke Jakarta yang dibatalkan,karena disebabkan kekhatiran penyebaran Covid-19,membuat saya lebih hati-hati,makanya saya larang semua OPD keluar Maluku,”tegas gubernur pada acara Jumpa Pers Penanganan dan Pencegahan Covid-19 Tingkat Provinsi Maluku,dilantai 7 Kantor Gubernur Maluku,senin (16/3).

Secara tegas gubernur mengatakan,larangan bagi OPD yang keluar daerah tidak main-main,sebab Pemda tidak mau mengambil resiko dengan adanya penyebaran virus yang berasal dari Wuhan China ini.

“Jadi saya minta semua OPD,tidak ada yang berpergian keluar daerah.Saya berbicara ini keliahatan maian-main,tapi nanti sesekali saya cek pada saat rapat tidak ada OPD yang bersangkutan,pasti saya akan ganti.Kalau sakit mesti ada keterangan,namun kalau ada yang keluar daerah akan ditindak,jadi jangan main-main lagi dengan masalah ini, ,”kata eks Dankor Brimob RI ini.

Sementara itu,Pemda dan Pemkot sempat berpikir untuk menunda pelaksanaan UNBK dan penutupan sementara sekolah-sekolah di Maluku,namun atas pertimbangan pemerintah hal itu di urungkan,sebab jika pemerintah melaksanakan penutupan itu,maka akan menimbulkan kegaduhan dan keresahan di tengah masyarakat.

Baca juga :   Wagub Resmi Melantik Pengurus Badan Promosi Pariwisata Maluku

“Tadi pagi Walikota Ambon bilang buat saya,apa perlu kita menutup sekolah selama dua minggu,namun saya bilang hal itu belum perlu dilakukan,karena memang di Maluku belum ada yang terindikasi virus mematikan ini.Hanya isu-isu dimasyarakat itu sangat cepat.Tapi belum ada,kalau ada 1 saja,maka otomatis kita akan ambil tendakan penutuapan itu,”ujar gubernur.

Adapun,gubernur meminta semua kalangan masyarakat,baik tokoh agama,tokoh masyarakat dan semua komponen pemerintah untuk sama tetap mewaspadai penyebaran virus Covid-19 ini dan tetap berdoa agar virus mematikan ini tidak sampai ke Maluku.

“Untuk itu,saya berharap penting kita tetap waspada,selain itu,disarankan sarankan juga buat anak-anak kita,yang ada kegiatan melibatkan orang banyak harus dihindari seperti ke mall dan tempat-tempat keramaian laiannya kita hindari, biar penyebaran virus  corona ini tidak terjadi,”tandas mantan kapolda Maluku ini.

Reporter              : Aris Wuarbanaran

Editor                   : Redaksi

Check Also

KOMINDA Gelar Vaksin,Wakil Gubernur Maluku Beri Apresiasi

AMBON, N25NEWS.com-Komite Intelijen Daerah (KOMINDA) Provinsi Maluku, menggelar vaksinasi massal untuk para pelajar di halaman …