Deteksi Dini Gangguan Kamtib, Lapas Banda Naira Laksanakan Penggeledahan Pada Kamar Hunian WBP

BANDA,N25NEWS.com -Jajaran Lembaga Pemasyarakatan Kelas III Banda Naira menggelar sidak dan penggeledahan pada Blok dan Kamar Hunian Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) yang dipimpin langsung oleh Kepala Sub Seksi (Kasubsi) Keamanan dan Ketertiban (Kamtib), Amier Azan, bersama Kepala Urusan Tata Usaha (Kaur TU), Hendra Sahbudin dan Kasubsi Pembinaan, Rustam Kasoor, serta para petugas penjagaan (Selasa, 07/09)

Kegiatan ini merupakan kegiatan rutin dan berkelanjutan yang dilaksanakan oleh Kepala Sub Seksi Keamanan dan Ketertiban beserta petugas pengamanan Lapas Banda Naira dalam meminimalisir peredaran Narkoba dan Benda- benda terlarang lainnya

Kasubsi Keamanan dan ketertiban ( Kamtib), Amier Azan menyampaikan bahwa pelaksanaan penggeledahan dilaksanakan sesuai Standar Operasional Prosedur (SOP).

“Sidak yang kami lakukan tentunya selalu mengedepankan SOP Penggeledahan dan setelah dilaksanakannya penggeledahan pada blok hunian dan kamar hunian WBP, kami menemukan beberapa benda-benda terlarang berupa : 2 buah Silet , 1 buah Jarum dan benang, 1 korek api, batu dan 1 alat cukur yang dimiliki oleh Warga Binaan, dan telah kami amankan,” jelas Amier.

Baca juga :   Tingkatkan Kemandirian, Lapas Banda Naira Latih WBP Produksi Ikan Garam

Meski jumlah penghuni pihaknya hanya empat orang namun para petugas harus tetap waspada dalam melaksanakan tugas pengamanan sesuai SOP yang ada.

Kepala Urusan Tata Usaha (Kaur TU), Hendra Sahbudin, menyampaikan bahwa Pelaksanaan Penggeledahan ini dilaksanakan sesuai dengan Surat Perintah Penggeledahan Nomor : W.28.PAS.12.PK.01.04.01-317 tanggal 07 September 2021.

” Kami tetap melaksanakan Surat Perintah dimaksud yang tentunya bertujuan untuk menghindari masuknya barang-barang yang tidak diizinkan di dalam area steril Lapas Kelas III Banda Naira, seperti : Handphone, Narkoba, dan benda-benda tajam,” jelasnya.

Sementara itu Kepala Lembaga Pemasyarakatan (Kalapas) Kelas III Banda Naira menyampaikan bahwa kegiatan – kegiatan yang dilaksanakan di Lapas Banda merupakan komitmen bersama.

“Kegiatan Penggeledahan ini sebagai wujud komitmen Lapas Banda Naira dalam hal deteksi dini mencegah terjadinya gangguan keamanan dan ketertiban serta mengantisipasi adanya peredaran dan pengendalian narkoba di dalam lapas,” Tutur Hamdani.

Reporter : Sarifudin Wala

Editor : Redaksi

Check Also

Divpas Kanwil Maluku laksanakan Monev di Lapas Banda Naira

BANDA,N25NEWS.com  – Tim Satuan Operasional Kepatuhan Internal (Satopspatnal) dari Devisi Pemasyarakatan Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian …