Dinas Ketahanan Pangan Provinsi Maluku Gelar Rakor Ketahanan Pangan

AMBON,N25NEWS.COM-Rakor Ketahanan Pangan Provinsi Maluku,sekaligus diadakan seminar Ketahanan Pangan Berkelanjutan,yang berlangsung di Hotel Santika Premire Ambon,selasa (2/7/2019).

Asisten I Bidang Pemerintahan Setda Maluku Hendry Far Far,dalam membacakan sambutan Gubernur Maluku,mengatakan pembangunan bidang pangan di Maluku diarahkan pada penguatan tiga pilar yakni pilar ketersediaan,Distribusi dan Konsumsi?dimana ketiga pilar ini akan terus diperkuat guna mencapai kemandirian dan kedaulatan daerah.

Dijelaskannya,warga perlu berdaulat dalam menentukan jenis pangan yang produksi dan di konsumsi,demikian pula Pemda juga harus berdaulat dalam menentukan kebijakan dan regulasi sistem pangan yang sesuai dengan karakteristik dan budaya daerah.
Sehingga Provinsi Maluku dengan pertambahan penduduk rata-rata per tahun sekitar 2 persen membutuhkan pangan yang cukup bergizi dan beragam.

“Mengapa pembangunan kita suatu kawasan pertanian yang juga pada Kabupaten/Kota sangat penting ?,sebab dewan ketahanan pangan perlu menjadi perhatian oleh seluruh Kabupaten/Kota di Maluku,”kata Far Far yang juga adalah Karo Hukum ini.

“Hal ini kita lakukan semata-mata untuk mewujudkan kemandirian dan kedaulatan pangan di Maluku yang kita cintai ini,”kata dia lagi.

Baca juga :   Pabung Malteng Lepas Anggota Pindah Satuan

Sebelumnya,pada kegiatan yang sama Plt Kepala Dinas Ketahanan Pangan Provinsi Maluku,Ir.Ryona.C.Noya mengatakan dasar UU Ketahanan Pangan yakni UU No 18 tahun 2012 Tentang Pangan dan PP No 83 Tentang Dewan Ketahanan Pangan,serta DPA Dinas Ketahanan Pangan Provinsi Maluku Tahun 2019.

Dijelaskan,tujuan untuk merumuskan kebijakan dalam rangka mewujudkan ketahanan Pangan di Provinsi Maluku,juga merumuskan kebijakan dalam mendorong keikutsertaan masyarakat dalam penyelenggaraan ketahanan Pangan,serta merumuskan kebijakan guna mewujudkan penyediaan pangan,Distribusi dan cadangan pangan dan penanggulangan masalah pangan dan gizi.

Adapun sasaran dalam rapat ini adalah untuk mengoptimalkan kinerja dewan ketahanan pangan sesuai tugas dan fungsinya,agar nantinya tercapai output dari kegiatan ini.

Untuk diketahui pembiayaan rapat dewan ketahanan pangan ini bersumber dari dana APBD dan DPA Dinas Ketahanan Pangan Tahun anggaran 2019.

Reporter : Aris Wuarbanaran

Editor :Redsksi

Check Also

Sehari Sebelum Dilantik,Widya Buka Pembekalan Pengurus Kwarda Maluku

AMBON,N25NEWS.com-Jelang sehari dilantik oleh Ketua Kwarnas Pramuka, Budi Waseso, Pengurus Majelis Pembimbing Daerah (Mabida), Kwartir …