Dinas Pertanian Provinsi Maluku Konsolidasi Forum Perangkat Daerah

AMBON,N25NEWS.com- Pentingnya penyelarasan sinergitas program dan kegiatan pembangunan pertanian di Provinsi Maluku tahun 2020 ini, agar tercapainya program kerja yang telah disepakati oleh para stakeholder.

Hal ini dikatakan Kepala Dinas Pertanian Provinsi Maluku,Diana Padang,kepada awak media saat ditemui dirinya disela-sela acara Pembukaan Forum Perangkat Daerah Dinas Pertanian Provinsi Maluku Tahun 2020,di Balai Diklat Pertanian Waiheru Ambon,selasa (18/2).

Lebih lanjut menurutnya,ide yang disampaikan Sekda Maluku terkait program dari Dinas Pertanian,yang tidak sama sekali terpaku atau menetap pada kabupaten/kota saja,namun program ini disama ratakan pada semua daerah,agar pelaku pertanian didaerah lain dapat mempelajari perkembangan pertanian.

Dijelaskannya,sasaran dan inti dari pada rapat Forum Perangkat Daerah Dinas Pertanian ini adalah tiga hal penting yang patut dilaksanakan yakni evaluasi kegiatan tahun 2019,mempercepat kegiatan tahun 2020 dan melaksanakan semua program seperti pembuatan proposal melalui E-Proposal (secara online).

“E-Proposal tersebut kita akan mengirimkannya ke pusat,sedangkan di provinsi tugas kita mengklarifikasi,sebab banyak kabupaten/kota masih terkendala dengan jaringan internet,”kata Diana Padang.

Baca juga :   Pemuda Desa Kawa SBB Tewas Ditikam Orang Tak Dikenal

Adapun,E-Proposal adalah program yang bersifat button up,yang prosesnya mulai dari tingkat desa hingga ke tingkat pusat,olehnya permasalah yang terjadi di level bawah,semuanya akan melalui kabupaten,ke provinsi dan kemudian ke pusat.

“Kegiatan rapat Forum Perangkat Daerah Dinas Pertanian ini,akan kita laksanakan selama tiga hari,pada hari keduanya akan ada workshop dan pada hari terakhirnya telah di rampungkan perencanaannya ke Dinas Pertanian Provinsi Maluku,guna mensinergikan kegiatan untuk tahun 2021,”jelas Diana Padang.

Untuk diketahui,Dinas Pertanian telah menjalankan strategi yang salah satunya menginginkan produksi harus naik sebesar 7 persen dan akan melakukan ekspor,namun sementara ini Dinas Pertanian belum pernah melakukan ekspor.

“Oleh karena  itu,strategi yang kami telah buat yakni dalam rapat forum ini,kita menghadirkan pesertanya dari berbagai instansi salah satunya dari eksportir,guna melahirkan sinergitas dalam bagaimana caranya proses pengeksporan dan juga sasaran ekspor kita selama ini kan ke Eropa contohnya komoditi Pala,”tandas Diana Padang.

Reporter     : Aris Wuarbanaran

Editor         : Redaksi

 

Check Also

UPT Pemasyarakatan Sabet Penghargaan Dari Dirjenpas

AMBON,N25NEWS.com  – Delapan Unit Pelaksana (UPT) Pemasyarakatan di lingkungan Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Hukum dan …