Disuntik Vaksin Kedua, Wagub Maluku Pastikan Tidak Ada Efek Negatif

AMBON,N25NEWS.com-Wakil Gubernur Maluku Barnabas Nathanel Orno menerima suntikan vaksin Covid-19 dosis kedua di lantai IV Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) dr.Johanes Leimena,Desa Rumah Tiga Kecamatan Teluk Ambon,Kota Ambon,Rabu (4/8/2021).

Wagub Barnabas Orno mengatakan penerima vaksin Covid-19 di tahap I ini harus disuntik dua kali alias vaksin dua dosis.Jadwal vaksinasi pun harus dipatuhi karena berkaitan dengan pembentukan antibodi dan mutasi virus.

Usai mengikuti seluruh prosedur penyuntikan vaksin dosis kedua di RSUP dr. Leimena,Orno menegaskan bahwa tidak ada gejala atau efek samping yang dirasakannya.

“Hari ini saya melaksanakan vaksin kedua,puji Tuhan tidak ada gejala apa pun.Jadi kita perlu di vaksin karena sangat ampuh untuk imun tubuh kita dan juga tidak ada dampak negatif,”kata Orno.

“Dan saya punya keyakinan setelah divaksin yang kedua, akan sama seperti divaksin pertama, artinya tidak akan ada gejala yang tidak diinginkan,” tambahnya.

Untuk itu,Orno mengajak masyarakat untuk tidak takut dan tidak ragu menerima vaksin Covid-19. Pasalnya, vaksin halal dan suci sesuai fatwa MUI dan keamanan sudah dipastikan dengan Emergency Use Authorization (EUA) dari BPOM.

Dikatakannya lagi, ketika dirinya vaksin pertama disini (RSUP) ada tiga lantai yakni lantai 5,6 dan 7 itu telah penuh dengan pasien covid-19,yang lebih kurang ada 100 pasien.

“Tetapi ketika saya balik hari ini (4/8) untuk vaksin kedua pada lantai 5 dan 6 sudah kosong,artinya para pasien sudah sembuh dan pulang.Hanya tinggal lantai 7 dengan pasien kurang lebih ada 20 pasien,”ujar Orno.

Menurut mantan Bupati MBD ini,program vaksinasi oleh pemerintah ternyata membawa dampak positif dari vaksin tersebut,oleh karena itu,ternyata kesimpulannya seluruh rakyat harus vaksin.

Sementara itu soal pelayanan medis di RSUP dr. Leimena,Wagub Orno sangat memberikan apresiasi,baik terhadap pimpinan,dokter dan tenaga medis.Oleh karena itu,dirinya meminta RS yang lain seperti,RSUD dr M Haulussy,RSU dr.Umarella Tulehu,RS Al-Fatah Ambon,RS Angkatan Laut dan RS yang lainnya,harus pelayanannya juga bagus.

“Untuk itu,saya atas nama pemerintah daerah menghimbau kepada seluruh masyarakat Maluku harus vaksin,sebab jika 85-90 persen saja masyarakat Maluku vaksin,saya yakin Covid-19 bisa berkurang, “terang Orno.

Adapun,Orno menegaskan, pandemi global Covid-19 berdampak terhadap seluruh sektor, terutama perekonomian. Maka,pelaksanaan vaksinasi Covid-19 oleh pemerintah pusat melalui Kementerian Kesehatan RI ini merupakan ikhtiar pemerintah untuk memutus penyebaran Covid-19.

“Saya mengajak seluruh masyarakat untuk selalu berikhtiar dalam rangka memutus mata rantai Covid-19 mulai dari PHBS (Pola Hidup Bersih dan Sehat), protokol kesehatan 3M, dan sekarang program vaksinasi,”tandas Orno.

Reporter : Aris Wuarbanaran
Editor     : Redaksi

Check Also

Sekda Maluku Positif Covid-19

AMBON,N25NEWS.com-Sekretaris Daerah (Sekda) Maluku yang juga Ketua Harian Satgas Penanganan Covid-19 Maluku ,terkonfirmasi positif Covid-19 …