Divpas Kanwil Maluku laksanakan Monev di Lapas Banda Naira

BANDA,N25NEWS.com  – Tim Satuan Operasional Kepatuhan Internal (Satopspatnal) dari Devisi Pemasyarakatan Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Maluku melakukan monitoring dan evaluasi (monev) mengenai deteksi dini di Lembaga Pemasyarakatan Kelas III Banda Naira. Rabu (08/09).

Kunjungan ini diterima langsung oleh Kepala Lapas didampingi seluruh pejabat struktural yaitu Kepala Urusan Tata Usaha, Hendra Sahbudin, Kasubsie Pembinaan, Rustam Kasoor, Kasubsie Keamanan dan Ketertiban, Amier Azan dan Kasubsi Admisi dan Orientasi, Risman. Kunjungan dilakukan dengan menerapkan protokol kesehatan yaitu mencuci tangan, memakai masker, dan menjaga jarak.

Satuan Operasional Kepatuhan Internal Pemasyarakatan (Satopspatnal) merupakan bagian dari pemasyarakatan yang bertujuan untuk melaksanakan pencegahan dan penindakan gangguan keamanan dan ketertiban yang meliputi fungsi pembinaan petugas dan peningkatan layanan pemasyarakatan
. Selain itu pelayanan publik yang baik dapat meningkatkan citra positif pemasyarakatan di mata publik.

Kepala Bidang Pelayanan, Rehabilitasi Pengelolaan Benda Sitaan, Barang Rampasan Negara, Keamanan Kanwil Maluku, Lisa Kiessya melakukan peninjauan pembagunan infrastruktur yang tengah dilakukan oleh Lapas Banda.

“Pembagunan infrastruktur ini harus dapat menunjang dan meningkatkan pelayanan publik mengingat Lapas juga termasuk salah satu penyelenggara pelayanan kepada masyarakat” Jelas Lisa

“Selain itu pelayanan publik yang baik dapat meningkatkan citra positif pemasyarakatan di mata publik” Tambahnya

Selanjutnya, Kepala Sub Bidang Pelayanan Tahanan,Perawatan Kesehatan Rehabilitasi, La Idi Buton melakukan pemeriksaan kebersihan dapur serta meninjau daftar menu makanan yang diberikan kepada warga binaan.

“Makanan yang diberikan harus sesuai dengan tabel menu dengan kebutuhan gizi yang baik bagi para warga binaan dan harus menjaga kebersihannya, ” Tegas La idi..

Tim kemudian meninjau blok hunian wbp dan melaksanakan sidak pada setiap kamar Hunian serta menyempatkan  berbincang dengan Warga Binaan untuk saling bertukar kesan dan juga mendengarkan keluhan mereka saat menjalani masa hukuman di lembaga pemasyarakatan. Mengingat ada wbp baru yang di pindahkan dari lapas ambon dan rutan ambon. Warga binaan pun terlihat sangat antusias menyampaikan cerita mereka kepada Ketua Tim Satopspatnal

Kepala Lembaga Pemasyarakatan Kelas III Banda Naira, Hamdani kembali mengingatkan seluruh pegawai Lapas Kelas III Banda untuk selalu mendukung kebijakan pemerintah dalam upaya menuntaskan penyebaran Covid-19. beliau juga berpesan untuk lebih meningkatkan kedisiplinan pegawai dan selalu melaksankan pengawasan terhadap WBP guna untuk meminimalisir terjadinya gangguan kamtib.

“Ingatlah untuk selalu mematuhi protokol kesehatan, dan melaksanakan tugas kalian dengan SOP yang ada untuk meminimalisir terjadinya gangguang keamanan,” Tutur Hamdani.

Check Also

Lapas Banda Naira Lakukan Tes Urine Bagi WBP Baru

BANDA,N25NEWS.com  – Lembaga Pemasyarakatan Kelas III Banda Naira lakukan Tes Urine Bagi Warga Binaan Pemasyarakatan …