Dua Kota Di Maluku Jadi Pilot Project Pengalihan Bentuk Bantuan Rastra

AMBON,N25NEWS.COM – Terhitung mulai bulan Oktober ini,  bantuan Beras Sejahtera (Rastra) yang sebelumnya diberikan kepada penerima manfaat dalam bentuk barang, akan dialihkan ke dalam bentuk non tunai, demikian pernyataan yang disampaikan oleh -Kepala Dinas Sosial Provinsi Maluku, Sartono Pinning di Kantor Gubernur Maluku, Selasa (2/10/2018).

Menurutnya, pengalihan ini merupakan kebijakan yang dikeluarkan oleh Kementerian Sosial. “Di Maluku dua Kota yakni, Kota Ambon dan Kota Tual yang jadi pilot project pengalihan tersebut,” pungkasnya.

lanjut Pinning, Pengalihan Bantuan Beras Sejahtera (Rastra) kedalam bentuk Bantuan Pangan Non Tunai direncanakan Oktober. Tetapi kita akan menunggu arahan Kementerian. “Percobaannya di Provinsi Maluku untuk di Kota Ambon dan Kota Tual,” kata Pinning.

Baca juga :   Karya Bakti Dan Bakti Sosial TNI AL Aru Siap Pemda Sejaterahkan Masyarakat Di Masa Pandemi Covid-19

Dia menjelaskan, bantuan Pangan Non Tunai  berarti sudah pengalihan dari beras ke non tunai. Menyinggung kesiapan dua kota tersebut sebagai pilot project, dipastikannya sudah siap, karena bantuan pangan non tunai itu dipastikan harus sampai kepada penerima manfaat.

Nantinya, bantuan pangan non tunai langsung ditransfer ke rekening penerima manfaat.

Kembali disinggung kemungkinan terjadi pergantian penerima manfaat, dikatakan Pinning yang diganti hanya berdasarkan validasi yang dilakukan dari waktu ke waktu oleh operator masing-masing Kabupaten/Kota.

Oleh : Wendy

tags

Check Also

Komoditi Ekspor Maluku Termasuk Tertinggi Dari Jawa Timur

AMBON,N25NEWS.com-Komoditi Maluku termasuk komoditi ekspor tertinggi dari Jawa Timur,termasuk sektor perikanan.Dimana,78 persen bahan baku yang …