Dua Tahun Berdiri Yayasan Pelangi Maluku  berkomitmen Klinik Ini Dapat Diakses Berbagai Komunitas

AMBON,N25NEWS.com-Yayasan Pelangi Maluku (YPM) mendirikan klinik komunitas Candela yang sudah di berjalan selama dua tahun,dimana klinik ini berkomitmen untuk dapat diakses oleh berbagai komunitas seperti gay,waria dan pekerja seks.

Hal ini disampaikan Direktur Yayasan Pelangi Maluku Rosa Pentury kepada awak media kegiatan Meeting of Service Networking di Kantor YPM Amahusu,Senin (14/6/2021).

Diketahui Klinik YPM didirikan pada 22 Maret 2019lalu, dengan motto besarnya “Medikasi Menabur Kasih Dengan Aktifitas Merawat, Mendukung dan Mengobati Mereka Dengan Penuh Kasih,sesuai dengan predikat YPM yaitu klinik PDP (Perawatan,Dukungan dan Pengobatan)

“klinik yang ramah komunitas ini sudah mendapatkan support dari pemerintah pusat dan pemerintah Daerah Maluku,”ungkap Rosa yang juga merupakan ibu dari Igo Idol ini.

“Selain itu,kami juga mendapatkan dukungan dari Kementerian Kesehatan RI melalui Dinas Kesehatan Provinsi Maluku menjadi klinik yang juga bersinergi dengan petugas kesehatan yang harus melakukan tugas test HIV bagi komunitas”.ujar Rosa.

Adapun,Rosa mengakui penularan infeksi HIV berkaitan dengan perilaku perilaku dan pola hidup seperti sering berganti-ganti pasangan seksual tanpa pengaman dan penggunaan jarum suntik yang tidak steril bisa menjadi pemicu terkena infeksi HIV.

Baca juga :   Jalan Santai,Pangdam Pattimura Nostalgia Masa Kecil

Oleh karena itu,tambah Rosa, berbagai upaya terus dilakukan pihaknya melalui kampanye dan advokasi penekanan penularan HIV dilakukan oleh para pemerhati dan kelompok-kelompok peduli HIV/AIDS, lebih banyak menekankan pada penggunaan kondom dan tidak menggunakan jarum suntik yang sama secara bergantian.

“Kampanye penggunaan kondom sering disalahartikan sebagai upaya melegalkan seks bebas,tapi sebenarnya itu menganjurkan cara mengamankan diri dari penularan infeksi HIV,”jelasnya.

Ditempat yang sama salah satu narasumber yang statusnya positif HIV,mengatakan bahwa,”Banyak sekali manfaat yang kami dapatkan dari klinik ini,”ucap sumber itu.

Narasumber tersebut dan teman-temannya juga sangat bersyukur mendapatkan dukungan dan pendampingan dari pendamping (Pendukung Sebaya) dari klinik komunitas Candala.

“Untuk itu,kami telah berkomitmen untuk menyampaikan berita mengenai Klinik Komunitas Cendela bagi semua orang yang sangat membutuhkan suport dan pemeriksaan secara gratis,”tandas sumber tersebut.

Reporter :Billy

Editor : Aris Wuarbanaran

 

 

 

tags

Check Also

HUT Ke-48 Harus Jadi Momen Untuk KNPI Bersatu

AMBON,N25NEWS.com-Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Provinsi Maluku,Sandy A. Wattimena.ST.MT,mengatakan dengan Hari Ulang Tahun (HUT) …