Empat Pasien Covid-19 Dipulangkan Setelah Dinyatakan Sembuh 

AMBON,N25NEWS.com-Tim Gugus Tugas (Gustu) Percepatan Penanganan Corona Virus Disease (Covid-19) provinsi Maluku memulangkan empat pasien yang sebelumnya berstatus posetif Covid-19 ke kediaman mereka masing-masing.

Adapun,keempat pasien ini masing-masing pasien 04,05,13 dan 14 asal kota Ambon dinyatakan sembuh,setelah menjalani perawatan dan karantina di Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Provinsi Maluku.Mereka terkonfirmasi sudah sembuh setelah dilakukan tes lanjut dan hasinya negatif.

Prosesi pemulangan keempat pasien Covid-19 ini dihadiri Ketua Harian Gustu Percepatan Penanganan Covid-19 provinsi Maluku,Kasrul Selang yang juga didampingi Plt.Karo Humas dan protokol Setda Maluku,Melky Lohy,selasa siang (21/4/2020).

Adapun,sebelum melepaskan keempat pasien tersebut,dr Burhanuddin yang menangani keempat pasiae itu,berpesan pabila sekembalinya ke lingkungan masyarakat dapat menjadi contoh karena telah melewati semua proses perawatan.

“Bapak,ibu,saudara-saudara coba sampaikan pengalaman-pengalaman dan himbauan kepada masyarakat luas terutama dari sisi pengalaman selama dirawat disini,paling tidak itu bisa menjadi gambaran bagi masyarakat bahwa meskipun posetif tapi selama tanpa gejala sebetulnya bisa merawat diri sendiri di rumah,secara mandiri,”kata dr.Burhanuddin.

Lebih lanjut menurutnya,perawatan orang tanpa gejala (OTG) sebenarnya dapat dilakukan secara mandiri di rumah.

“Perawatan ini kan sama saja di rumah,karena tidak membutuhkan peralatan medis dan alat lainnya.Namun perawatan akan berbeda jika ada penyakit bawaan seperti typus dan lainnya,”jelad Burhanuddin.

Baca juga :   Launching Tim Siber Maluku,Wagub : Pengamanan Informasi Sangat Diperlukan

Dengan demikian,Burhanuddin meminta kepada emapt pasien yang telah sembuh itu,tetap disiplin dengan menerapkan sosial distancing seperti selalu menjaga jarak dan isolasi diri di rumah,”Jadi artinya kalau ada keperluan penting saja baru keluar rumah,”imbaunya.

Sementara itu,salah satu pasien terkonfirmasi mengatakan agar masyarakat tidak perlu panik dalam menghadapi wabah Covid-19.

“Kepada basudara semua yang belum melewati proses yang seperti kami alami agar tidak panik.Kami pasien OTG tidak perlu perlakuan khusus yang berkaitan dengan medis melainkan pemberian menu bergizi dan vitamin yang telah diatur oleh medis,yang secara berangsur-angsur bisa menyembuhkan kami,ujarnya.

Dirinya lantas mengajak masyarakat untuk mengikuti himbauan pemerintah,agar bisa memutuskan mata rantai penularan Covid-19.Paling tidak juga memperlambat jangan lagi banyak orang yang mengalami hal seperti kami,”ungkapnya.

Selain itu,tetap jaga jarak,hindari tempat-temapt keramaian,gunakan masker,mencuci tangan jika ada kontak dengan orang lain,”tandasnya.

Sumber      : Humas Pemprov Maluku

Editor        : Aris Wuarbanaran

 

 

Check Also

Gubernur Maluku,Penanganan Bahaya Kebakaran Adalah Urusan Daerah Yang Wajib Demi Ketertiban Umum

Penanganan bahaya kebakaran merupakan sub urusan dari salah satu urusan wajib daerah yakni ketertiban umum …