Forum OPD Kepemudaan Dan Olahraga Provinsi Maluku Dan Kabupaten/Kota Lahirkan 17 Rekomendasi

AMBON,N25NEWS.com-Forum OPD Kepemudaan dan Olahraga lingkup pemerintah Provinsi Maluku bersama Kabupaten/Kota se-Maluku tahun 2020,melahirkan 17 rekomendasi,serta diskusi bersama,terkait penyelerasan arah kebijakan pelaksanaan program secara meyeluruh sesuai dengan tugas,fungsi dan peran dalam meningkatkan kualitas olahraga didaerah ini.

Adapun,inilah ke-17 rekomendasi di Forum OPD Kepemudaan dan Olahraga tersebut :

1.Kabupaten/Kota,mengirimkan calon paskibraka untuk mengikuti seleksi tingkat Nasional dan bertugas sebagai paskibraka provinsi sebanyak 2 pasang ( 4 orang).

2.Melimpahkan kewenangan pelaksanaan kegiatan O2SN dari Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten/Kota ke Dipora kabupaten/kota berdasarkan UU No 1 tahun 2005 tentang sistem keolahragaan nasional,peraturan pemerintah nomor 16 tahun 2007 tentang penyelenggaraan olahraga dan surat edaran menteri dalam negeri nomor 978/755/SJ tanggal 6 Februari 2017 tentang peningkatan pembinaan dan pengembangan olahraga di daerah.

3.Mengaktifkan seluruh kegiatan Pramuka di tingkat KWARTIR cabang kabupaten/kota menjadi tanggung jawab Dispora atau dinas yang membidangi pemuda dan olahraga.

4.Pelaksanaan jambore pemuda Indonesia menjadi agenda rutin kegiatan pemuda pada dinas pemuda dan olahraga provinsi Maluku serta kabupaten/ kota se-Maluku.

5.Lokasih pelaksanaan Haornas tingkat provinsi Maluku tahun 2021 di kabupaten Seram Bagian Barat dan wajib di ikuti oleh kepala dinas Dispora atau dinas yang membidangi pemuda dan olahraga se-provisni Maluku.

6.Pembentukan pusat pendidikan dan latihan pelajara daerah ( PPLD) bagi kabupetan/kota se-Maluku atau minimal kelas kusus olahraga pada jenjang pendidikan SD/MI, SMP/Mts, SMA/SMK/MA di setiap kabupaten/kota yang membina minimal satu cabor.

7.Pembentukan dinas pemuda dan olahraga di Kabupaten Maluku Tengah dan Kabupaten Seram Bagian Timur.

8.Pengembangan sarana dan prasarana pemuda dan olahraga di kabupaten/kota se-Maluku.

9.Pengembangan pemuda kreatif dan wirausaha muda pemula.

10.Pembentukan peraturan daerah tentang kepemudaan dan peraturan daerah tentang keolahragaan lingkup provinsi dan kabupaten/kota se-Maluku.

11.Pembentukan Badan Pembina Olahraga Pelajar Seluruh Indonesia ( BAPOPSI) dan pengurus cabang di kabupaten/kota se-Maluku.

12.Dalam rangka menggelorakan semangat berolahraga dikalangan masyarakat maka dilaksanakan gerakan Maluku berolahraga minimal sekali dalam sebulan dengan melibatkan instansi pemerintah,swasta,TNI,Polri,serta masyarakat.

13.Pekan olahraga unggulan pemuda tahun 2021 dilaksakan di kabupaten kepulauan Aru.

14.Pekan kreatif pemuda tahun 2021 di laksanakan di Kabupaten Seram Bagian Barat.

15.Pelatihan Kader Inti Pemuda Anti Narkoba ( KIPAN) tahun 2021 dilaksanakan di Kabupaten Kepulauan Tanimbar.

16.Sinkronisasi pelaksanaan program dan kegiatan kepemudaan dan olahraga antar pemerintah provinsi Maluku dan kabupaten/ kota se-Maluku.

17.Fasilitasi penyelenggaraan seleksi pemuda pelopor di tingkat kabupaten/kota se-Maluku.

Adapun,untuk 17 rekomendasi ini di tanda tangani langsung oleh kepala-kepala dinas pemuda dan olahraga atau setiap perwakilan antara lain.

Plt kepala dinas pemuda dan olahraga provinsi Maluku Sandi A. Watimena ST.MT.

Dispora  kepulauan Aru. Drs Gabriel El.

Dispora  KKT Cornelis Batmomolin S,Sos.

Dispora SBB Dewi T Lekatompessy S,IP

Dispora MBD Johzen H Leufna SE.

Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Pemuda dan Olahraga Kabupaten SBT Sudir Rumanama.

Dispora Kota Ambon Margaretha L Sopacua S,Pd.

Dispora Malra Agustinus Ohoira, S,Sos.

Dispora Kota Tual Drs Abdurahman Wakano

Dispora Buru Mahmud Wattiheluw SH,

Dinas Pariwisata, Pemuda dan olahraga Kabupaten Maluku Tengah Mansur Tuakia SE.

Sedangkan yang tidak menandatangani rekomendasi adalah Dispora Buru Selatan sebab perwakilan mereka tidak hadir.

Check Also

Kecam Keras,GAMKI Maluku Minta Pencatutan Nama Organisasi Dan Lembaga Gereja Untuk Seruan Politik  Di Bawa Ke Jalur  Hukum

AMBON,N25NEWS.com-Dewan Pimpinan Daerah Gerakan Angkatan Muda Kristen Indonesia (DPD GAMKI) Provinsi Maluku menyatakan sikap terkait …