Gandeng Unpatti,BKKBN Maluku Gelar Seminar Kependudukan

AMBON,N25NEWS.com –  Pembangunan Sumber Daya Manusia menjadi kunci tugas Pemerintah  kedepan oleh karena itu untuk  merealisasikan hal tersebut, BKKBN Maluku mengelar Seminar kependudukan dengan Tema “Menuju Indonesia Maju Dengan Keluarga Berkualitas”

Seminar yang di laksanakan di Student center Kampus Unpatti senin(11/11) ini melibatkan unsur akademisi unpatti dengan suatu harapan,Universitas Pattimura Ambon yang merupakan mitra sterategis ini bisa bersama-sama membangun sumber daya manusia ini di Provinsi Maluku.

Hal ini di sampaikan  Deputi Pelatihan Peneliti dan Pengembangan BKKBN Pusat Prof .drh.Muhammad Rizal Martua Damanik,MRepSc.PhD saat di wawancarai setelah selesai Seminar kependudukan di kampus orang basudara tersebut.

Lebih lanjut kepada awak media, Deputy Pelatihan Peneliti dan Pengembangan BKKBN Pusat Prof .drh.Muhammad Rizal Martua Damanik,MRepSc.PhD mengatakan seminar kependudukan ini merupakan Suatu momen yang bagus dimana BKKBN Maluku mengsosialisasikan tugas, fungsi dan tantangan yang di hadapi oleh BKKBN terkait dengan pembangunan SDM.

Selain itu  ungkap Damanik,seminar ini dapat memberikan pemahaman yang holistic dan menekankan bahwa pembangunan SDM menjadi kunci tugas pemerintahan kedepan.secara khusus kata Damanik,pembangunan SDM akan dimulai dengan perencanaan hidup berkeluarga secara sehat ,menjamin kesehatan ibu hamil,bayi,balita dan anak sekolah,ini merupakan umur emas untuk mencetak manusia  Indonesia yang unggul kedepan dengan penguatan pembangunan keluarga.

Hal ini kata Damanik juag,searah dengan amanat Presiden Joko Widodo di  periode ini  yang lebih ditekankan pada pembangunan  sumber daya manusia.

Baca juga :   UPT Pemasyarakatan Sabet Penghargaan Dari Dirjenpas

“Saya kira untuk Provinsi Maluku tidak lepas dari arahan presiden tersebut,sehingga yang kita diskusikan ini,adalah bagaimana BKKBN lewat program-programnya bisa mengdongkrak kwalitas sumberdaya manusia,mulai dari bina keluarga balita ,bina keluarga remaja dan bina keluarga lansia,hal inI di mulai dari  sejak calon penduduk masih  dalam Rahim sampai dia itu di lahirkan dan sampai menjadi lansia ,”ujar Damanik.

Untuk itu kata Damanik,Universitas Pattimura yang merupakan   mitra strategis BKKBN di  harapkan bersama-sama membangun  sumber daya manusia ini di Provinsi Maluku.

Selain hal yang perlu di benahi  ungkap damanik,Provinsi Maluku dengan kekayaan laut yang begitu melimpah namun sungguh ironis masih menghadapi masalah gizi buruk dan stunting.sehingga di harapkan masyarakat Maluku ke depan harus memiliki optinisme,gizi buruk dan stunting tidak boleh lagi ada di Maluku.

“Sehingga dengan hasil seminar hari ini BKKBN akan menindaklanjuti dan kita akan terus menjemput bola,”tegasnya.

Menutup wawancaranya Damanik mengapresiasi Universitas Pattimura Ambon yang telah memberikan kesempatan berdialog dan memberikan pandangan tentang bagaimana menuju Indonesia yang maju dengan keluarga berkualitas sekaligus berharap Unpatti bersama-sama bangun SDM Maluku yang Unggul.

Editor : Redaksi

 

Check Also

UPT Pemasyarakatan Sabet Penghargaan Dari Dirjenpas

AMBON,N25NEWS.com  – Delapan Unit Pelaksana (UPT) Pemasyarakatan di lingkungan Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Hukum dan …