Gelar Aksi Demo Di Kantor Gubernur ,GMKI Cabang Ambon Tuntut Permintaan Maaf Pemprof Pasca Joget Di DPRD Maluku

AMBON,N25NEWS.com- GMKI Cabang Ambon Kembali turun kejalan.Ratusan massa yang terlibat dalam aksi ini mengawalinya dari Tugu Trikora. Aksi yang dilakukan oleh GMKI Cabang Ambon kali ini di warnai dengan Long march sembari membawa peti mati bertuliskan RIP Pemprov Maluku sebagai simbol matinya moralitas Pemerintah Provinsi Maluku,kamis (27/8).

Adapun,GMKI Cabang Ambon menilai  moralitas pejabat di mata publik telah hancur,karena dengan asiknya melakukan pesta di gedung DPRD provinsi saat perayaan HUT provinsi Maluku tanpa protokol Covid-19.Padahal kota Ambon masih pentahapan PSBB,mirisnya pemerintah selalu meminta masyarakat ikuti anjuran tapi pemerintah sendiri yang melakukan tindakan inkonsistensi dengan kebijakan tersebut.

Demonstrasi yang dilakukan didepan kantor gubernur Maluku ini dihiasi dengan aksi orasi,pembacaan puisi,ada pula teaterikal, yang dikemas sedemikian rupa demi dan untuk menyuarakan aspirasi masyarakat yang dibawah oleh GMKI Cabang ambon.

Selain itu,aksi ini merupakan bentuk akumulasi kekecewaan GMKI Cabang Ambon dan juga dukungan keluhan yang berasal dari pada masyarakat Maluku sendiri terhadap ulah dari Pemerintah Provinsi Maluku yang boleh dikatakan konyol.

Beranjak dari hal tersebut aksi pergerakan dari GMKI Cabang Ambon sendiri tidak ada bentuk subjektifitas yang mencoba mengkerdilkan satu orang pun,tetapi tuntutan dari GMKI Cabang Ambon sifatnya Objektif terhadap pejabat di provinsi Maluku baik itu legislatif maupun eksekutif.

“Kami GMKI Cabang Ambon mau melakukan aksi ini,karena dimata masyarakat Maluku khusus kota Ambon sebagian besar sudah tidak lagi menghiraukan peraturan maupun protokol Covid-19 yang ditetapkan oleh pemerintah,bahkan melakukan perlawanan kepada pihak keamanan,Yang melakukan tugas di lapangan itu yang kami sesalkan ibarat “Nila Setitik Merusak Susu Sebelanga,”kata orator demo.

Dijelaskannya lagi,alasan mengapa titik aksi di kantor Gubernur Maluku,mengingat pada tanggal 19 Agustus 2020 merupakan HUT Provinsi Maluku,adalah hajatan yang digelar oleh Pemerintah Provinsi Maluku dari lingkup eksekutif,untuk itu Gubernur dan wakil Gubernur harus bertanggung jawab penuh mengkonfirmasi akan kejadian joget di rumah rakyat oleh para elit di provinsi.

Lewat aksi ini,GMKI Cabang Ambon menyuarakan beberapa hal yang menjadi perhatian dan merupakan keresahan di tingkat masyarakat yakni :

1.Hentikan segala bentuk euphoria di permukaan publik yang nantinya meresahkan masyarakat ditengah pandemik Covid-19 yang melanda daerah ini.

2.Pemerintah Provinsi Maluku dalam hal ini Gubernur dan Wakil Gubernur sebagai pimpinan daerah harus meminta maaf kepada seluruh rakyat Maluku terkait dengan aksi joget di kantor DPRD Provinsi Maluku.

3.Presiden Jokowi harus memberikan teguran keras kepada Pemerintah Provinsi Maluku atas kelalaian inkosistensi dalam menjalankan regulasi ataupaun protokol Covid-19.

4.Kami mendesek segara dilaksanakannya program kartu Maluku sehat dan Maluku pintar ditengah pandemik ini sesuai dengan visi-misi Gubernur dan Wakil Gubernur.

“Kami berharap tuntutan kami ini,bisa didengar dan dijawab langsung oleh Gubernur dan Wakil Gubernur sebagai representasi dari pemerintah Provinsi Maluku. Tidak ada maksud lain dalam aksi kami ini selain kami inginkan perubahan yang baik bagi provinsi Maluku kedepannya,”jelas salah satu mahasiswa yang berorasi.

Sejatinya GMKI Cabang Ambon,akan tetap mengawal segala bentuk pembangunan yang dilakukan oleh pemerintah Provinsi Maluku dengan menjadi mitra kritisnya pemerintah,baik itu lewat aksi turun jalan ataupun lewat diskusi-diskusi ilmiah yang GMKI lakukan.

“Untuk itu,kami juga akan memfollowup tuntutan kami ini,sampai kepada pemerintah pusat agar juga menjadi perhatian dan pemerintah Provinsi Maluku bisa mendapatkan efek jera dari kelalaian dan inkosistensi yang dilakukan,”tandas orator.

Editor     : Aris Wuarbanaran

Check Also

Lakukan Reses Muhammad Rany Tualeka,Anggota DPRD Malteng Fraksi PKB Serap Aspirasi Masyarakat Haruku

HARUKU,N25NEWS.com-Anggota sekaligus Ketua Fraksi PKB Dewan Perwakilan Rakyat (DPRD) Maluku Tengah Muhammad Rany Tualeka. ST …