Gubernur Maluku,Akta Kelahiran Berfungsi Menetapkan Status Sipil

AMBON,N25NEWS.com-Gubernur Maluku,Murad Ismail mengatakan,akta kelahiran merupakan salah satu bentuk pencatatan sipil yang ada di Indonesia,sebagai bagian dari sistem.Pencatatan kelahiran berfungsi untuk menentukan dan menetapkan status keperdataan (sipil) seseorang dalam wilayah hukum suatu Negara.

“Pencatatan ini merupakan bagian dari hak sipil yang melekat begitu seseorang lahir,”kata Gubernur Maluku,dalam sambutannya yang di bacakan Asisten II Setda Maluku Bidang Kesejahteraan Rakyat Frona Koedoeboen pada acara Workshop Percepatan Pencatatan Akte Kelahiran Anak,yang berlangsung di lantai II Kantor Gubernur Maluku,rabu (30/01/2020).

Lebih lanjut menurut Gubernur,Negara berkewajiban menghormati,memenuhi dan melindungi hak ini,berarti dengan mencatatkan seorang anak,Negara telah resmi mengakuinya sebagai subyek hukum dan berkewajiban melindungi hak-hak sipilnya.

selain itu,pencatatan sipil dinilai sangat penting,karena dengan adanya catatan sipil pemerintah dapat mengumpulkan data-data kependudukan yaitu,berupa data kelahiran.

Adapun,ada jaminan setiap anak berhak untuk memperoleh perlindungan dari Negara dan adanya kewajiban pemerintah untuk memberikan akta kelahiran bagi anak,namun ternyata di masyarakat masih ditemukan adanya anak Indonesia yang tidak memiliki akta kelahiran.

Baca juga :   Gubernur Maluku,Penanganan Bahaya Kebakaran Adalah Urusan Daerah Yang Wajib Demi Ketertiban Umum

“Hal ini dapat kita lihat,dimana pada tahun 2019 provinsi Maluku sampai bulan Desember hanya mencakup 66.99 persen,dimana yang belum memiliki akta kelahiran berjumlah 446.165,maka atas uraian diatas berarti Maluku belum memenuhi target capaian nasional,”jelas Gubernur.

Menyikapi,rendahnya angka kepemilikan akta kelahiran tersebut mengindikasikan keberadaan sebagian anak di Maluku secara yuridis formal belum diakui Negara,sebagai akibatnya anak-anak tersebut tidak dapat menikmati sepenuhnya hak-hak dasar,sehingga menyulitkan untuk dapat berpartisipasi dan memperoleh perlindungan penuh.

Permasalahan tersebut perlu segera di atasi oleh pemerintah daerah,sebab dunia usaha dan masyarakat melalui berbagai kegiatan dalam suatu program,rencana aksi yang dimaksudkan untuk mempercepat kepemilikan Akta Kelahiran Anak (AKA).

“Untuk itu,saya mendukung percepatan kepemilikan akta kelahiran bagi anak dalam bentuk aksi diperlukan pedoman percepatan kepemilikan akta kelahiran dalam rangka perlindungan anak dan saya berharap adanya keseragaman,koordinasi antar lintas lembaga,dina dan instansi terkait untuk mempercepat akta kelahiran bagi anak,”tandas Gubernur.

Reporter              : Aris Wuarbanaran

Editor                 : Redaksi

 

Check Also

Gubernur Maluku,Penanganan Bahaya Kebakaran Adalah Urusan Daerah Yang Wajib Demi Ketertiban Umum

Penanganan bahaya kebakaran merupakan sub urusan dari salah satu urusan wajib daerah yakni ketertiban umum …