Indomatriks Consultant lakukan Diskusi Online “Manfaat Bantuan Sosial Tunai Bagi Masyarakat

AMBON,N25NEWS.com -Situasi Pandemi yang terus mewabah di seantero negeri ini membuat semua pihak, baik pemerintah maupun swasta bahkan sampai lembaga swadaya masyarakat serta kelompok aktivis terus bekerja keras dan mengupayakan langkah-langkah strategis guna memutus mata rantai pandemi serta menjaga stabilitas kehidupan masyarakat.

Sebagai langkah konkrit, pemerintah membantu meringankan beban masyarakat, khususnya bagi mereka yang terdampak Virus Corona (Covid-19) berupa Bantuan Sosial Tunai yang bersumber dari Kementerian Sosial Republik Indonesia yang akan disalurkan melalui beberapa lembaga milik negara, salah satunya PT. Pos Indonesia dan akan diberikan kepada warga negara Indonesia yang sudah terdaftar atau belum dalam Data Terpadu Kesejahteraan Sosial milik Kementerian Sosial.

Menyikapi kebijakan Pemerintah ini, Indomatriks Consultant Menyelenggarakan Diakusi Online Selasa, 21 Juli 2020 dengan Tema “Manfaat Bantuan Sosial Tunai Bagi Masyarakat”.

Kegiatan ini diisi dengan para Narasumber dari berbagai Elemen, antara lain ada keterwakilan dari Pihak Penyalur, Kepala PT. Pos Indonesia Cabang Ambon, Muhammad Adam, SE ; Dinas Sosial Kota Ambon yang diwakili oleh Bapak Maxmillian R. Hattu, S.Sos, MPS,Sp, ; Kepala Seksi Identifikasi dan Penguatan Kapasitas ; dari unsur Akademisi yang diwakili oleh Dr. Paulus Koritelu, S.Sos., M.Si, Dosen Fakultas Ilmu Sosial Politik Universitas Pattimura ; Bapak Michael Siahaya, S.Sos, Sekretaris DPD GAMKI Maluku sebagai unsur keterwakilan pemuda dan Meis J. Lauterboom, S.Sos sebagai Moderator Diskusi Online.

Dalam Diskusi yang berlangsung kurang lebih dua jam ini, para pemateri membahas Bantuan Sosial Tunai (BST) adalah bantuan sosial yang dikucurkan oleh Pemerintah RI melalui Kementrian Sosial Republik Indonesia dan disalurkan oleh PT POS Indonesia dan Himbara (Himpunan Bank Negara).

Dalam penyelenggaraannya, Kota Ambon sebagian besar disalurkan oleh PT Pos Indonesia Cabang Ambon dalam tiga tahap. Dan sudah terealisasi tahap yang ketiga pada bulan Juli 2020 ini.

Namun beberapa masalah yang ditemukan hanya bertitik pada masalah data, yakni adanya penerima manfaat yang double. Dinas Sosial dan PT Pos menjelaskan adanya Berita Acara terkait data double yang dibuat oleh kelurahan juga Dinas Sosial dan diserahkan bersama dengan PT Pos Cabang Ambon. Namun sejauh ini, data double sudah mampu ditangani. Terbukti dengan update data yang dibayarkan di tahap 2 berkurang dari tahap 1, karena data double sudah dihilangkan.

Selanjutnya oleh Dinas Sosial Kota Ambon, dijelaskan bahwa kedepannya dalam skenario Kemensos, data usulan dari kelurahan/desa akan dimasukan ke DTKS (Data Terpadu Kesejahteraan Sosial) dengan memperhatikan indikator-indikatornya. Diharapkan, masyarakat kota Ambon meningkatkan tertib administrasi agar dalam pengusulan DTKS, masyarakat tidak komplain lagi.

Diskusi ini melahirkan rekomendasi yakni Adanya transparansi data di tingkat kelurahan/desa sebagai langkah konkrit pencegahan terjadinya data double ke depan (disampaikan oleh Dr. Paulus Koritelu, S.Sos, M.Si).

Kemudian, keterwakilan elemen pemuda yang diwakili oleh Sekretaris DPD GAMKI Provinsi Maluku, Bung Michael Siahaya mengatakan bahwa membangun kemitraan strategis dengan Pemerintah, dan sebagai Civil Society maka kita bangun pengawasan partisipatif dan memberikan input kepada Pemerintah sehingga Pemerintah dalam tugas dan tanggung jawabnya mampu melakukan tugas-tugas penanganan Covid-19 di Maluku secara baik dan Masyarakat yang terdampak, dapat dipenuhi kebutuhannya selama masa pandemi.
Dengan demikian diskusi ini menyimpulkan bahwa “Bantuan Sosial Tunai sangat bermanfaat bagi masyarakat Kota Ambon yang terdampak Covid-19”.

Aslen Ruhulessin, Kepala Divisi Data dan Survei menyampaikan kepada Media N25news, bahwa kegiatan ini dibuat dengan Harapan adanya transparasi Data dari pihak-pihak yang hari dijadikan wadah Penyalur Bantuan Langsung Tunai kepada Masayarakat, khususnya Kota Ambon yang terkena dampak Covid-19. Serta lewat kegiatan Webinar juga melalui pihak-pihak pelaksana Penyaluran BST kita bisa tahu efektifitas manfaat BST yang diterima oleh masyarakat.(**)

Check Also

299 Tamtama Remaja Resmi Dilantik Di Rindam Pattimura

AMBON,N25NEWS.com-Pangdam XVI/ Pattimura, Mayjen TNI Bambang Ismawan, S.E, M.M., yang diwakilkan oleh Kasdam XVI/ Pattimura, …