Inflasi Di Kota Ambon Naik 1,19 Persen

AMBON,N25NEWS.COM – Badan Pusat Statistik Maluku kembali merilis perkembangan indeks harga konsumen (IHK) Mei 2018 pada, Senin (04/06/18).

Kepala BPS Maluku, Dumagar Hutauruk menyatakan pada bulan mei 2018 kota Ambon kembali mengalami inflasi sebesar 1,19 persen dengan IHK sebesar 128,07.

Dari 82 kota IHK di Indonesia tercatat 65 kota mengalami inflasi salah satunya Kota Ambon dan 17 kota mengalami deflasi, ucap Dumagar di Ambon.

IHK Kota Ambon kata Dumagar menduduki peringkat ke-72 serta inflasi bulanan mencapai peringkat ke tiga sedang untuk inflasi tahun kalender peringkat ke-14 dari tahun ke tahunnya kota Amnon menduduki peringkat ke-80.

Ditambahkannya, Inflasi di kota Ambon terjadi pada ketujuh kelompok pengeluaran komoditi dengan inflasi terbesar ada pada kelompok bahan makanan sebesar 4,39 persen dan inflasi terendah ada pada kelompok makanan jadi, minuman, rokok dan tembakau sebesar 0.03 persen.

Menutupnya, Dumagar nyatakan untuk komoditi penyumbang inflasi di kota Ambon diantaranya ikan layang, cabai merah, kangkung, ikan cakalang asap dan ikan cakalang. sedangkan untuk komoditi penyumbang deflasi dikota Ambon ada pada komidti cabai rawit, tomat, sayur, daun singkong, kentang serta beras.

tags

Check Also

Sambut Idhul Fitri,Indag Maluku Kembali Gelar Pasar Murah Secara Mobile

AMBON,N25NEWS.com-Dalam rangka menyambut Hari Raya Idhul Fitri 1442 H Pemerintah Provinsi Maluku,melalui Dinas Perindustrian dan …