Jadi Prioritas Nasional,Bupati Gelar Sosialisasi Dan Ritual Adat Di Kei Besar

MALRA,N25NEWS.com –  Setelah tahun 2020 ini mendapat prioritas dari pemerintah pusat, Bupati Maluku Tenggara, M. Thaher Hanubun bersama Wakil Bupati, forkopimda, perangkat daerah, pejabat struktural maupun staf mengunjungi Kei Besar Sabtu 1 Februari 2020.

Setelah Rombongan tiba di Kei Besar sekitar pukul 10.16 WIT. Di pelabuhan, ratusan orang sudah menunggu,mulai dari  anak-anak sekolah, kepala-kepala ohoi, tokoh adat serta masyarakat.

Mereka menari, menyanyi dan mengibarkan bendera merah putih serta membentangkan spanduk bertuliskan “Terima Kasih Presiden RI Ir. Joko Widodo dan Gubernur Maluku Drs. Murad Ismail”.

Euforia masyarakat begitu tinggi karena Kei Besar, Nuhu Yut. Sudah sejak lama mengundang keprihatinan. Pembangunannya minim. Sebagian masyarakatnya masih dalam kategori miskin. Politik kebijakan belum berpihak pada Nuhu Yut, porsi anggarannya minim.

Namun lewat Kebijakan Pemerintah Pusat yang  disahkan dalam Peraturan Presiden Nomor 18 Tahun 2020 tentang RPJMN Tahun 2020 – 2024. Maka masyarakat sambut denganm luar biasa,mereka begitu senang,kabut ketertinggalan, keterisoliran dan kemiskinan akan hilang sedikit demi sedikit. Sinar harapan, lama-lama mulai muncul.

Sehingga  tahun 2020 ini, Kei Besar berbenah.Kei Besar telah jadi perhatian negara. Ada sejumlah kebijakan nasional yang diprioritaskan di Kei Besar yaitu,Lokasi prioritas pengelolaan batas wilayah negara dan kawasan perbatasan,Jalan Trans Kei Besar sepanjang 101,5 KM,Infrastruktur kelautan dan perikanan,Kawasan pengembangan komoditas unggulan kelapa dan PLTS. Roof Top.

Untuk itu Kedatangan Bupati Hanubun,Wakil Bupati beserta Forkopinda lansung melakukan Sosialisasi di Aula Serba Guna Gedung Putih dan prosesi adat dilakukan di Woma Ngur Mas Yam Lim, Elat.

Semua tokoh masyarakat, tokoh adat serta masyarakat Kei Besar diundang. Pemerintah dan masyarakat bersinergi. Di bawah sumpah adat, didengar dan disaksikan oleh Tuhan dan Leluhur Kei, Maluku Tenggara siap menyambut pembangunan di Kei Besar.

Untuk Kei Besar, merdekaaaa…..!!” Pekik M. Thaher Hanubun.”Merdeka…!”,Hari ini, Kei Besar bangkit. Siapapun yang menghianati Kei Besar akan ditelan alam,” Kata Bupati Maluku Tenggara menutup pidatonya.(**)

 

 

 

 

Check Also

Ketua DPD SKP Malra: Pemerintah, TNI-Polri Semakin Kompak Menanggulangi Wabah Covid-19

MALRA,N25NEWS.com – Ketua DPD Satria Kita Pancasila Maluku Tenggara yang juga Wakil Bupati Malra Petrus …