Jumlah Jemaah Haji Maluku Meninggal Bertambah Menjadi 5 Orang

AMBON,N25NEWS.com – Jumlah jemaah haji Maluku yang tergabung dalam kelompok terbang (kloter) 12, 13 dan 14 UPG Embarkasi Makasar yang meninggal dunia hingga hari ini menjadi lima orang.

Sebelumnya terdapat tiga jemaah yang meninggal selama berada di Arab Saudi dalam menjalankan ibdah haji, mereka antara lain, almarhum Hi Ahmad Dahllan Fatah bin Dahllan Fatah asal Kabupaten Buru kloter 12 yang meninggal di RS Mina Alwadi diusia 74 tahun, almarhum Hi Hasan Raharusun, asal Kabupaten Maluku Tenggara (Malra) Kloter 12 yang meninggal di RS AS Saudi German Hospital Madinah, pada Sabtu (17/8) sekitar pukul 04.30 WAS diusia 73 dan almarhuma Hj Rahma Binti Sabar Lussy jemaah Kloter 14 asal Seram Bagian Timur (SBT), meninggal di RS AS King Faisal Makkah pada, Sabtu(24/8) sekitar pukul 10.00 WAS diusia 59 Tahun.

Sementara dua jemaah haji lainnya yang meninggal selama berada di Makasar setelah melalui proses penyerahan PPIH embarkasi Makasar kepada Pemerintah Provinsi Maluku di aula Arafah asrama haji Sudiang yakni, Hj.Nasia Nasir Dede, asal Buru Selatan (Bursel) Kloter 12, meninggal pada Minggu(26/8) di asrama haji Sudiang Makassar akibat tersungkur didalam Toilet kamar hotel sekirar pukul 20.00 WITA dalam usia 44 tahun dan Hi Zainudin Renyaan kloter 12 asal Malra yang meninggal diusia lansia setelah mendapat perawatan intensif dari RS Dr.Wahidin Makassar saat baru tiba dari Arab Saudi pada, Minggu(26/8) sehingga total keseluruhan jemaah haji Maluku hingga berita ini diterbitkan berjumlah lima orang.

Plt Kabid PBU Kanwil Kemenag Maluku Jamaludin Bugis yang dikonfirmasi mengakui adanya penambahan jemaah haji yang meninggal menjadi lima orang.

“Sebelumnya ada tiga yang meninggal di Arab Saudi, selanjutnya ada penambahan lagi dua jamaah asal Malra dan Bursel kloter 12 yang meninggal setelah tiba di Tanah Air embarkasi Makasar.”akui Bugis.

Disinggung soal rencana pemulangan kedua jenzah jemaah Maluku yang meninggal kata Bugis, bahwa pihaknya akan mengembalikan tanggungjawabnya ke Pemerintah Kabupaten masing-masing lewat panitia haji kabupaten.

Selanjutnya setelah tiba di daerah-masing akan diserahkan kepihak keluarga korban yang meninggal untuk selanjutnya dimakamkan.

Reporter : Gali M

Editor : Redaksi

Check Also

Yayasan Indah Salurkan Bantuan ke Maluku, Kabupaten SBB Kuota Terbanyak

MALUKU,N25NEWS.com – YAYASAN Insan Cerdas Sejahtera (Yayasan Indah) kembali menyalurkan puluhan hewan qurban di Indonesia …