Kampung KB Percontohan Kota Ambon Tinggal Menunggu SK Walikota

AMBON,N25NEWS.com-Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Keluarga Berencana (DPPKB)Kota Ambon,Welly Patty menegaskan bahwa penunjukan Kampung KB percontohan di Kota Ambon saat ini tinggal persetujuan Walikota saja.

Hal ini di sampaikannya saat menjawab pertanyaan reporter N25NEWS.com di selah-selah kegiatan sebuah hotel di Kota Ambon belum lama ini.

Di jelaskannya, pembentukan Kampung KB merupakan tindak lanjut dari arahan Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo, agar manfaat Program KB dapat lebih dirasakan secara langsung oleh masyarakat terutama yang berada diwilayah miskin,padat penduduk,tertinggal, terpencil, dan wilayah nelayan diseluruh tanah ai

“Kita Kota Ambon,ada 16 Kampung KB.Selain itu,dari ke-16 Kampung KB itu,ada beberapa desa yang kita lihat bisa dijadikan sebagai desa percontohan,sesuai denga SK Gubernur Maluku,”tegas Kadis DPPKB Kota Ambon Welly Patty.

Pihaknya, katanya belum bisa menyampaikan desa mana yang akan menjadi desa percontohan,sebab harus ada surat keputusan (SK) dari Walikota dan memiliki syarat-syarat Penyuluh Keluarga Berencana/Pendamping, tersedianya bidan terlatih, tersedianya regulasi pembentukan Kampung KB mulai dari tingkat provinsi, kabupaten, dan desa, adanya POKJA Kampung KB.

“Harus kita bisa menunjukan bahwa kota Ambon ini apa ? desa mana kelurahan mana,memang sudah ada satu tapi saya belum bisa menyampaikan ini karena harus dengan SK Walikota secara resmi,namun ada satu yang bisa menjadikan percontohan dari kota Ambon,”jelas Patty.

Adapun,Patty menandaskan penunjukan desa percontihan ini,harus juga ada erksen atau partisipasi dari masyarakat,dengan berbagai program yang dibuat di desa kelurahan maupun desa.Namun kata dia jika tidak ada partisipasi dari masyarakat maka sama saja penunjukan tersebut perlu diperimbangkan.

“Memang ada satu kelurahan di kecamatan Nusaniwe yang menurut saya sudah pasti dijagokan sebagai Kampung KB,namun resminya ya kita masih tunggu adanya SK Walikota,”tandas Welly Patty.

Diketahui,devenisi Kampung KB itu tidak semata-mata merujuk pada kampung itu sendiri,namun Kmapung KB juga memiliki artian bahwa suatu wilayah atau daerah dimana ada sinergitas program dari DPKKB yang lebih tren sekarang adalah Banggakencana dengan keterlibatan stekholder yang lain.

Editor : Aris Wuarbanaran

Check Also

299 Tamtama Remaja Resmi Dilantik Di Rindam Pattimura

AMBON,N25NEWS.com-Pangdam XVI/ Pattimura, Mayjen TNI Bambang Ismawan, S.E, M.M., yang diwakilkan oleh Kasdam XVI/ Pattimura, …