Kampus Hatta-Sjahrir Banda Neira Bangun Kerjasama Dengan 3 Lembaga Pendidikan di Jawa Timur

BANDA,N25NEWS.com – Tepat pada hari Minggu 7 Maret 2021 telah berlangsung penandatanganan Memorandum Of Understanding (MoU) antara STP dan STKIP Hatta-Sjahrir dengan 3 lembaga pendidikan di Jawa Timur, yaitu Universitas Nahdlatul Ulama (UNU) Blitar, Institut Agama Islam Al-Falah Assunniyah (INAIFAS) Jember, dan Yayasan KH. Mohammad Imam Bukhori Jatinom Blitar.

Kepada N25NEWS.com,Ketua STP & STKIP Hatta Sjahrir, Dr. Muhammad Farid, M.Sos., menegaskan bahwa MoU ini dilakukan sebagai realisasi program kampus merdeka-merdeka belajar dari Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia.

Selain itu juga kata Farid,penandatanganan MoU dilakukan dalam suasana yang sangat akrab, berlangsung di Aula Des Alwi Kampus Hatta-Sjahrir.

“Suasana keakraban itu tampak saat bertemu sapa antara pejabat dari 3 lembaga pendidikan di Blitar bersama sivitas akademik dalam sebuah acara dialog yang dilakukan sebelum penandatanganan,”ujar Muhammad Farid.

Lanjut Farid,Kehadiran rombongan Blitar di Banda Naira adalah merupakan bagian dari program “ekspedisi Banda Neira” yang diinisiasi oleh Yayasan KH. Mohammad Imam Bukhori Jatinom Blitar yang diketuai oleh Gus Ahmad Khuby Ali, M.Si. Sebelum keberangkatan ke Banda Naira, tim ekspedisi yang berjumlah 11 orang ini telah diterima oleh Wakil Gubernur (Wagub) Jawa Timur Emil Dardak di rumah dinasnya. Rombongan disambut hangat oleh Emil yang sangat mengapresiasi langkah tim ekspedisi yang bertujuan untuk menelusuri jejak-jejak perjuangan dan dakwah ulama Blitar, yaitu KH. Imam Bukhori, KH. Safwan, dan KH. Abdullah Faqih, yang pernah dibuang di Banda Naira jauh sebelum kemerdekaan.

Baca juga :   Upacara Peringatan 400 Tahun Genosida Banda

Tim ekspedisi selain terdiri dari keluarga besar keturunan KH. Imam Bukhori dan KH. Safwan, turut bersama mereka juga para intelektual Jawa Timur seperti Dr. Ahmad Muzayyin (peneliti senior UNU), Rijal Mumazziq Z, M.HI (Rektor INAIFAS), Mahatir Muhammad (staf khusus wakil Gubernur Jatim), juga beberapa jurnalis, sinematograf, dan pegiat ekonomi yaitu, Naufal Alkatiri (HIPMI Maluku), Hakam Sholahudin, Mohammad Nazihur Rizky, Mohammad Fikri, Abdul Aziz, dan Mohammad Risyad Tabattala.

Sementara itu Wakil 2 Hatta-Sjahrir  Budiono Senen, M.Si ,mengatakan bahwa Kehadiran tim ekspedisi di kampus Hatta-Sjahrir ini adalah berkah bagi kampus STP & STKIP Hatta-Sjahrir, karena dapat berinteraksi langsung dengan para dosen dan mahasiswa untuk tujuan membangun jejaring kerjasama yang produktif di masa depan.

“Sebentar lagi akan ada program kuliah antar kampus Banda dan kampus di Blitar dan Jember, sebagai implementasi dari MoU kampus merdeka yang kita laksanakan hari ini,”tambah Budiono Senen.

Hadir juga dalam dialog itu para unsur pimpinan Hatta-Sjahrir, staf dosen, dan mahasiswa dari berbagai program studi untuk menyaksikan prosesi penandatangan MoU tersebut. Rombongan Blitar dan Jember juga turut menikmati pameran makanan hasil olahan ikan dan ikut berbelanja kerajinan tangan hasil kreatifitas mahasiswa Hatta-Sjahrir.

Reporter : Sarifudin Wala

Editor : Redaksi

Check Also

SMP Negeri 8 Hutumuri Sukses Gelar Ujian Satuan Pendidikan Secara Online

HUTUMURI,N25NEWS.com-Pelaksanaan Ujian Satuan Pendidikan (USP) secara online pada SMP Negeri 8 Hutumuri Kacamatan Leitimur Selatan …