Ketua DPRD Kota Ambon,Elly Toisutta Kunjungi Lapas Napi Perempuan Nania

AMBON,N25NEWS.com-Ketua DPRD Kota Ambon,Elly Toisutta,mengunjungi Lembaga Permasyarkatan (Lapas) narapidana (napi) perempuan yang berlokasi di Desa Nania Kecamatan Baguala Kota Ambon,Selasa (3/5/2021).

Kunjungan Ketua DPRD bersama rombongan ini dalam rangka untuk meninjau keadaan Lapas Nania,yang baru dibangun,serta melihat langsung kegiatan kreatifitas Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) yang menciptakan berbagai kerajinan tangan yang bisa dipasarkan.

“Saya kira ini merupakan hari yang sangat spesial bagi saya,di momen bulan puasa saya dapat mengunjungi Lapas perempuan di Nania dan sekaligus mendapatkan berbagai masukan dari para napi,”ungkap Toisutta.

Selain itu, Toisutta berjanji akan mengawal seluruh permintaan dari Warga Binaan Pemasyarakatan perempuan,walapun diakui dirinya sebagai anggota dewan yang tentunya miliki kesibukan,namun mereka juga perlu mendapat perhatian.

Adapun,terkait dengan sarana prasarana yang masih minim di Lapas perempuan,maka langkah awal yang akan dilakukan Toisutta yakni nantinya dalam pembahasan-pembahasan anggaran pihaknya dapat mengalokasikannya untuk kebutuhan yang ada di Lapas ini.

“Saya memberikan apresiasi karena WBP Lapas Nania,tidak mengabiskan waktu mereka dengan berpangku tangan,namun mereka mampu menunjukan kreatifitas mereka dengan menciptakan berbagai kerajinan tangan dan hal itu sangat membanggakan,”ujarnya.

“Tentunya kita akan mendorong dengan merealisasikan kreatifitas WBP agar bisa dipasarkan bukan hanya melalui pasar umum,tetpi juga merambah pada Alfamidi dan Indomaret di Ambon,”ucapnya.

Baca juga :   Dua Tahun Berdiri Yayasan Pelangi Maluku  berkomitmen Klinik Ini Dapat Diakses Berbagai Komunitas

“Sehingga ini menjadi inkam (pemasukan) dan kami tentu akan mencoba berkomunikasi dengan pemilik Alfamidi dan Indomaret agar bisa hasil kreatifitas WBP Lapas Nania bisa dipasarkan,”tambah Toisutta.

Sementara itu,Kepala Lapas Nania Ambon sangat menyambut baik kunjungan Ketua DPRD Kota Ambon ke Lapas perempuan dan menyerap aspiraai warga binaan.

“Saya sangat mengapresiasi kunjungan ibu Elly Toisutta,karena kami bagian terkecil dari warga binaan masukan kami bisa di respon oleh Ketua DPRD,”ujarnya.

Dalam kunjungan itu juga Kalapas Nania juga menjelaskan kondisi sarana prasarana di Lapas perempuan yang masih kurang,dimana alat-alat produksi kreatifitas WBP masih manual.

“Kita juga masih upayakan ada kerjasama dengan instansi lain guna mendapatkan pelatihan,agar nantinya warga binaan miliki kualitas dengan sertifikat yang bisa di pergunakan di masyarakat,”jelasnya.

Untuk diketahui,pada Lapas perempuan hanya memiliki satu blok yang berlantai dua dengan kapasitas tampung 59 orang.Para Warga binaan sendiri menempati lantai dasar dengan 4 kamar.

Pada emapt kamar tersebut terbagi lagi yakni 1 kamar khusus lansia dan 1 kamar khusus untuk yang masih status tahanan,serta 2 kamar lainya khusus yang status narapidana.

“Warga binaan kita yang lansia itu ada 6 berusia 60 tahun keatas.Sedangkan kasus paling utama disini yakni korupsi,narkoba dan ada 33 kejahatan lainnya,”jelasnya.

Check Also

Latuconsina: Ada Keterlibatan Pimpinan Partai Lain Dalam Kisruh Internal Golkar Maluku

AMBON,N25NEWS.com-Wakil Ketua Bidang Kepartaian Bisri A.Sidiq Latuconsina mengatakan kader Partai Golkar yang tidak puas dengan …