Komunitas Cinta Laut (ACL),Nusaniwe Divers COMMUNITY (NDC),LEBEBAE  dan TNI/Polri Lakukan Aksi Tanam Terumbu Karang Di Perairan Pantai Mataru Amahusu

AMBON,N25NEWS.com-Komunitas Cinta Laut,bersama Lebebae Community dan masyarakat Amahusu melaksanakan kegiatan cinta alam bahari dengan menanam terumbu karang di dasar laut perairan teluk Ambon,tepatnya di pantai Mataru Negeri Amahusu,Kecamatan Nusaniwe Kota Ambon.

Dalam kegiatan tersebut hadir pula dari berbagai unsur seperti TNI AL,AD,ibu Danrem 151/Binaiya,Wakapolda,
serta aktivis-aktivis diving yang berada di Nusaniwe.

Tomy Salakory salah satu Dive Guide mengatakan penanaman terumbu karang berjalan lancar dan penanaman tersebut denganbkedalaman 7-8 meter,dimana terumbu karang yang ditanam tersusun sangat rapi.

“Kita lakukan aksi tanam terumbu karang ini,sebab kalau tidak ada tindakan seperti ini pastinya suatu saat kitabakan susah karena tidak ada lagi rumah bagi hewan laut ,”ungkap Salakory.

Dikesempatan yang sama,salah satu anggota Lebebae Community,Lila Ferinandus mengungkapkan bahwa kegiatan yang dilakukan hari ini (8/05)bersama Anak cinta Laut dan Dive Nusaniwe Community merupakan aksi membersihkan pantai
dan dalam laut.

“Dan kami menyambut itu dengan gembira,karena selain membersihkan pantai,Anak-Anak Cinta Lautpun turut menanam terumbu karang,”ungkap lila Ferinandus.

Selain itu Ketua Anak Cinta Laut Fani Reupassa mengatakan bahwa kegiatan komunitas dengan menanam terumbu
karang ini di pantai Mataru Amahusu dan kegiatan ini merupakan mimpi mereka untuk mengembalikan spot-spot
diving di teluk Ambon.

“Kita memulai kegiatan menanam terumbu karang di pantai Mataru Amahusu,karena kita ingin Mataru bisa menjadi contoh untuk daerah-daerah pesisir pantai lainnya yang berada di dalam teluk Ambon,”kata Fani Reupassa.

Untuk itu,dirinya berharap masyarakat dengan melihat aksi ini,mereka bisa peduli dan ikut hal seperti yang pihaknya lakukan,”Dengan demikian kita ingin masyarakat jangan membuang sampah dan limbah ke laut,”ujarnya.

Baca juga :   BAPERA Berkomitmen Dorong Pembangunan Dan Ekonomi Maluku

Sementara itu,salah satu tokoh masyarakat Negeri Amahusu,Nicho Tulalessy mengatakan bahwa warga Amahusu sangat bersyukur dan berterima kasih kepada ACL dan senior-senior Nusaniwe Diving Community serta semua divers yang sudah datang ke pantai Mataru.

“Memang selama ini kami di Amahusu,sudah memiliki beberapa obyek wisata dari dulu dan spot-spot yang banyak dipenuhi terumbu karang,”ucap Tulalessy.

Dikatakan lagi,terumbu karang yang menjadi primadona di pantai Mataru ini banyak yang hancur karena badai
gelombang laut.Sehingga,generasi sekarang sudah tidak melihat terumbu karang yang indah seperti yang duluh.

“Olehnya kami masyarakat Amahusu sangat berterima kasih dengan aksi menanam terumbu karang ini,karena memang dari berbagai cerita dari orang tua kita dulu,sehingga kami punya keinginan untuk menanam terumbu karang di
disini,”jelas Nicho.

Selain itu,kata Nicho masyarakat Amahusu sangat merespon baik apa kegiatan yang dilakukan ACL,hal itu terlihat dengan hadirnya cuaca yang sangat mendukung kegiatan ini,untuk masyarakat siap melestarikan alam ciptaan Tuhan.

“Tentunya kita berharap menanam terumbu karang ini tidak hanya hari ini saja (08/05),namun anak-anak komunitas
ini harus secara kontinyu mengecek dan memeriksa dan merawat terumbu karang yang mereka tanam dalam rangka Hari Karang Nasional,”ujarnya.

“Kami berterima kasih bahwa sudah ada hal baik yang kami buat dari Maluku,dari Ambon untuk dunia,”tambah Nicho Tulalessy yang juga Founder, Amboina Ukulele Kids Community ini.

Adapun,Tulalessy menambahakan,kegiatan ini bukan saja di Amahusu,namun kalau bisa dilaksanakan pada negeri-negeri lain yang ada di Maluku.”Sehingga pastinya wisatawan yang datang mengunjungi obyek-objek wisata kita,”tandas Tulalessy.(**)

Check Also

Dua Tahun Berdiri Yayasan Pelangi Maluku  berkomitmen Klinik Ini Dapat Diakses Berbagai Komunitas

AMBON,N25NEWS.com-Yayasan Pelangi Maluku (YPM) mendirikan klinik komunitas Candela yang sudah di berjalan selama dua tahun,dimana …