Kota Ambon Perpanjang PPKM Skala Dilonggarkan,Walikota : Bioskop Boleh Beroperasi

AMBON,N25NEWS.com-Pemerintah Kota (Pemkot) Ambon bakal memperpanjang Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) mikro dengan skala dilonggarkan mulai 22 sampai 25 Juli 2021.

Perpanjangan kali ini bakal lebih longgar, mengingat hiburan bioskop yang sebelumnya ditutup cukup lama akan kembali dibuka untuk umum sampai jam 9 malam.

Sekadar informasi, hiburan bioskop mulai ditutup atau dihentikan operasionalnya sejak 8 Juli 2021 lalu saat Kota Ambon menerapkan PPKM mikro.Sejak itu, bisnis hiburan yang selalu digandrungi anak muda itu resmi tidak beroperasi.

Setelah menunggu hampir dua minggu lebih,Pemkot Ambon memperpanjang PPKM mikro skala dilonggarkan maka bioskop boleh kembali beroperasi.

“Untuk bioskop mulai bisa dibuka, tapi perlu dipersiapkan dulu dan sesuai dengan ketentuan protokol kesehatan dan dengan kapasitas 50 persen,”kata Walikota Ambon,Richard Louhenapessy kepada awak media secara virtual (zoom) di Ambon,Rabu (21/7).

Lebih lanjut Walikota menambahkan
persiapan yang wajib dilakukan pengelola bioskop antara lain, memastikan jarak antar penonton dari satu kursi ke kursi lainnya harus aman dan sesuai ketentuan protokol kesehatan yang sudah disepakati. Selain itu, pengelola wajib melakukan  penyembrotan disinfektan usai pemutaran film.

“Prosesnya sama, pengelola wajib mengajukan izin terlebih dahulu. Kemudian, kami melakukan survei untuk memastikan jika penerapan protokol kesehatan berjalan aman. Misal,duduknya satu bangku isi dan satu bangku lainnya kosong.Mirip seperti pelaksanaan acara lainnya di gedung dan sebagainya,” jelas Walikota.

Selanjutnya, Pemkot Ambon bakal memantau dan mengawasi operasional gedung-gedung bioskop itu. Jika dikemudian hari ada klaster yang muncul karena pelonggoran aturan di gedung bioskop itu, pemkot tak akan segan untuk mengevaluasi dan melakukan penutupan kembali untuk segmen hiburan bioskop.

“Nantinya bioskop yang sudah dibuka sampai jam 9 malam ini,sebelumnya sempat dibuka,olehnya Kalau bisa diterapkan secara baik agar mungkin bisa berjalan lancar, tapi tetap ada evaluasi dalam pelaksanaannya nanti,” papar Walikota.

Adapun, Walikota Ambon Richard Louhenapessy menegaskan bahwa PPKM skala dilonggarkan ini salah satunya tentang beroperasinya kembali hiburan bioskop.Meski demikian, evaluasi dan monitoring akan terus dilakukan saat kebijakan PPKM mikro skala dilonggarkan diterapkan.

“Berita baiknya di Ambon itu sudah tidak zona merah,tetapi zona oranye, makanya ada beberapa aturan yang dilonggarkan untuk meningkatkan pemulihan ekonomi. Tapi protokol kesehatan tetap harus dilaksanakan. Kami penginnya vaksinasi cepat, pemulihan ekonomi juga cepat,”tandas Walikota Ambon.

Check Also

Positivity Rate Tinggi, Ambon Kembali Zona Merah

AMBON,N25NEWS.com  – Menurunnya proses 3T (Testing, Tracing, dan Treatment) terhadap penelusuran kontak erat pasien Covid19, …