Lanal Aru Gandeng Dinkes Gelar Serbuan Vaksinasi

DOBO,N25NEWS.com – Pangkalan Angkatan Laut ( Lanal ) Kepulauan Aru bersama Pemerintah Kabupaten Kepulauan Aru melalui Dinas Kesehatan (Dinkes) menggelar Serbuan Vaksinasi Covid-19 bagi masyarakat, Selasa (06/7/2021).

Serbuan Vaksinasi yang dilaksanakan di Puskesmas Pattidjarabil ini dilakukan secara terbuka dengan target masyarakat umum khususnya masyarakat maritim di kawasan pesisir.

Danlanal Aru, Letkol Laut (P) Choirur Roziqin, S.H., M.Tr(Hanla).,M.M saat meninjau pelaksanaan vaksinasi mengatakan bahwa Program ini telah dilaksanakan sejak tanggal 28 Juni hingga 2 Juli dan sudah mencapai target 760.

Dikatakan, masyarakat Aru sangat menyambut baik pelaksanaan kegiatan tersebut. Untuk pelaksanaan kali ini, dirinya mengaku kaget melihat besarnya antusias masyarakat untuk datang ke tempat vaksinasi.

“Awalnya kita juga telah mengajak masyarakat untuk vaksin tapi ada masyarakat yang takut, akan tetapi Lanal Aru terus lakukan sosialisasi tentang vaksinasi halal dan aman sehingga banyak masyarakat yang antusias datang untuk divaksin. Kalau sebelumnya kami mencari masyarakat yang mau divaksin, sekarang yang divaksin mencari tempat vaksin. Jadi kita bersyukur masyarakat sudah memiliki kesadaran yang tinggi atas pentingnya vaksinasi,” ungkap Danlanal.

Letkol Roziqin menambahkan, Lanal Aru juga melakukan jemput bola menggunakan mobil truk, terhadap masyarakat dan para nelayan yang ingin mengikuti vaksinasi.

“Intinya, kami Lanal Aru bersama Pemda siap melaksanakan perintah Presiden dan Kepala Staf TNI Angkatan Laut (KSAL) Laksamana TNI Yudo Margono untuk mensukseskan Serbuan Vaksinasi menuju Indonesia sehat bebas Covid-19,” tegasnya.

Roziqin juga menjelaskan, ketersediaan vaksinasi hanya 250 dosis, sehingga dirinya tidak dapat memfasilitasi seluruh masyarakat yang datang.

“Ketersediaan vaksin Sinovac untuk hari ini berjumlah 130 (seratus tiga puluh) dengan persyaratan usia minimal 18 tahun ke atas dan wajib membawa KTP serta memakai Masker,” jelasnya lagi.

Ditambahkan, kegiatan Serbuan Vaksinasi Sinovac tahap ke-1 akan dilanjutkan besok hari Rabu, 07 Juli 2021 pukul 09.00 WIT, dikarenakan terbatasnya waktu sampai pukul 14.30 WIT.

“Untuk pelaksanaan Vaksinasi Sinovac tahap ke-2 terhadap masyarakat Kabupaten Kepulauan Aru akan dilaksanakan pada tanggal 03 Agustus 2021 mendatang,” tutup Danlanal Aru.

Hadir dalam giat tersebut Kasat Fhaslan Lanal Aru Lettu Laut (T) Mancar Hutasoit, Kepala Puskesmas Patidjalabil Elisabeth Untailawan,Amd.Kep, dr. Sakti Sitorus, Bakes (Bintara Kesehatan) Lanal Aru Serda Apm Siswanto dan Nakes Puskesmas Patidjalabil Wangel.(**)

Check Also

Memperingati Hari Dharma Samudera, Koramil 1503-03/Dobo Peduli Lingkungan

ARU,N25NEWS.COM -TNI, Polri dan masyarakat Kota Dobo,  melakukan kegiatan bersih-bersih bertempat di Pantai Defur, Kota …