Lantaran Di Pasok Dari Luar,Tiga Komoditi Mengalami Kenaikan

AMBON,N25NEWS.COM- Melonjaknya beberapa komoditi terutama cabai keriting,Buncis dan Telur,disebabkan karena komoditi tersebut di pasok dari luar daerah atau dari Sentra Produksinya .

Hal ini disampaikan Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Maluku Elvis Pattiselano kepada awak media di Kantor Gubernur Maluku,senin (21/05/2018)

Lebih lanjut Pattiselano mengatakan “untuk Cabai rawit kita sudah dapat tekan sampai pada Rp.33.000 dari yang kemarin Rp.45.000 sudah turun jauh,kemudian bawang merah sudah turun dari Rp.45.000 ke Rp.35.000,”katanya.

Pantauan Dinas Perindag di pasar sampai dengan hari sabtu kemarin yang mengalami kenaikan itu adalah Buncis dan telur,telur naik sangat signifikan karena harga di Surabaya itu sudah Rp.15.00 samapai Rp.1.475,Rp.1800.Rp.1900 dan juga Rp.2000.

“Kita coba koordinasi ke Surabaya kenapa harganya naik,produksinya tetap tetapi harga Pakannya itu yang naik hal inilah yang mempengaruhi harga Telur di seluruh Indonesia bukan Cuma di Kota Ambon,”jelasnya.

Untuk itu Pemerintah telah berupaya menjaga stok.Karena kalau stok kurang maka harga akan lebih naik lagi.”Pemerintah tidak bisa menginterfensi harga pasar,kita hanya meminta kepada distributor menjaga stoknya supaya tersedia dalam jumlah yang cukup,sehingga tidak memicu kenaikan yang lebih tinggi,jadi harga pasar itu mekanisme pasar,”tandas Pattiselano.

Check Also

Sambut Idhul Fitri,Indag Maluku Kembali Gelar Pasar Murah Secara Mobile

AMBON,N25NEWS.com-Dalam rangka menyambut Hari Raya Idhul Fitri 1442 H Pemerintah Provinsi Maluku,melalui Dinas Perindustrian dan …