Lewat “Maulid Nabi” ,Siswa MIN1 Ambon Diajak Contohi Ahlak Rasulullah

AMBON,N25NEWS.com -Lewat perayaan Maulid Nabi atau hari kelahiran Nabi Muhammad SAW, siswa Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN) 1 Ambon diajak untuk bisa mencontohi akhlak Rasulullah yang menjadi teladan dalam kehidupan umat manusia.

Dibawasorotan tema” Dengan Bersalawat Kita Tingkatkan Iman dan Taqwa Untuk Mencapai Insan Rahmatan Lil Alimin” perayaan Maulid Nabi berlangsung hikmah penuh persaudaraan antara sesama siswa, guru dan orang tua, Sabtu(16/11/2019)

Kepala MIN 1 Ambon, Nasit Marasabessy mengawali Maulid Nabi mengataka, peringatan maulid ini merupakan ungkapan rasa bahagia atas kelahiran sosok yang dicintai dengan mencontoh seluruh ahlak Rasulullah dan sifat-sifatnya.

Oleh karena itu, momentum perayaan maulid Nabi Muhammad SAW yang setiap tahun diperingati, bisa memberikan inspirasi bagi segenap keluarga besar MIN 1 Ambon untuk bisa mencontoh kepribadian Rasulullah untuk diamalkan dalam kehidupan bermasyarakat berbangsa dan bernegara.

“Mari kita ambil hikmah dibalik perayaan Maulid Nabi Muhammad SAW untuk meningkatkan nilai keimanan dan ketakwaan dalam setiap pribadi muslim,” ungkapmnya.

Dimana peristiwa maulid Nabi Muhammad SAW tidak hanya diperingati secara seremonial semata, tetapi dengan momentum ini kita bisa mendapatkan pengetahuan tentang kehidupan Rasulullah Muhammad SAW yang membimbing umat dengan menanamkan keimanan dan ketaqwaan kearah kehidupan yang religius dalam lingkungan keluarga.

Hal yang sama juga diungkapkan Al ustad Hi Husen Sahiri lewat hikma Mualid yang mengatakan, keimanan yang dimiliki seseorang biasanya digambarkan melalui kepribadiannya. Dan salah satu cara untuk mengetahui keimanan seseorang dapat kita lihat dari perilakunya sehari-hari.

Ia menjelaskan sedikit mengenai hubungan keteladanan dan keimanan dan salah satu contoh akhlak yang bisa ditiru dalam kehidupan sehari-hari yaitu akhlak Rasulullah Saw.

Dimana Rasulullah Saw. merupakan sosok yang sangat mulia, dengan kepribadiannya yang sangat baik membuat kita sepatutnya mencontoh apa saja yang sudah dilakukan oleh beliau sehingga beliau begitu dicintai oleh banyak orang.

Ia menconthkan, sikap prilaku Rasulullah SAW dalam kehidupan sehari-hari adalah salah satu wujud bahwa kita mencintai dan menghormati Rasul Allah. Dimulai sejak usia dini supaya perilaku tersebut terbawa saat usia remaja sampai tua. Sikap terpuji Rasulullah SAW sangat banyak. Bahkan setiap perilakunya sehari-sehari memiliki suri teladan yang mesti dicontoh. Amanah (Dapat Dipercaya) merupakan sikap yang dapat di percaya. Apabila suatu urusan dipercayakan kepadanya maka dia akan melaksanakan urusan tersebut dengan sebaik-baiknya. Tabligh (Menyampaikan) yang merupakan sifat wajib Nabi menyampaikan seluruh ajaran yang diterima dari Allah SWT berupa wahyu kepada umat manusia agar menjadi pedoman hidup dan Fathonah (Cerdas) sebagai seorang yang cerdas dan pandai, serta sangat arif dan bijaksana.

Untuk tugas orangtua dan pendidik harus mengondisikan agar anak rajin belajar agar menjadi anak cerdas dan pandai, dengan meneladani sifat cerdas Rasulullah.

Reporter :Gali M

Editor : Redaksi

Check Also

Yayasan Indah Salurkan Bantuan ke Maluku, Kabupaten SBB Kuota Terbanyak

MALUKU,N25NEWS.com – YAYASAN Insan Cerdas Sejahtera (Yayasan Indah) kembali menyalurkan puluhan hewan qurban di Indonesia …