Mahasiswa KKN Stikes Pasapua Ambon Gelar Penyuluhan Penyakit Hipertensi Dan Stunting Di Desa Waelihang Buru

BURU,N25NEWS.com-Sebanyak 34 mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Stikes Pasapua Ambon Tahun Akademik 2020/2021 menggelar penyuluhan mengenai penyakit hipertensi dan stunting bagi masyarakat di desa Waelihang Kecamatan Waplau Kabupaten Buru.

Adapun,pelaksanaan program KKN dilakukan selama tiga minggu atau 21 hari yang diawali dengan pengambilan data terkait dengan kesehatan masyarakat di desa Waelihang.

Menurut salah satu mahasiswa KKN Stikes Pasapua Ambon,Baharudin Rumahlean mengatakan dari data yang didapat di lapangan ditemukan beberapa masalah kesehatan yakni, hipertensi dan stunting.

“Dari hasil data kita dilapangan kita temukan beberapa masalah yakni hipertensi dan stunting,dari masalah itulah kita menggelar penyuluhan,”ungkap Rumahlean.

Lebih lanjut Rumahlean jelaskan,hipertensi biasanya disebabkan banyak pikiran,pola makan dan perilaku buruk seperti merokok.

Ditambahkannya,untuk stunting masyarakat harus meningkatkan kesadaran akan gizi seimbang terutama anak-anak usia dini.

Sementara itu,staf desa Waelihang membenarkan bahwa adanya mahasiswa KKN Stikes Pasapua Ambon yang melaksanakan KKN.Hal itu,pihak desalah yang memfasilitasi mereka saat adanya musyawarah desa (MMD) di Waelihang.

“Keberadaan mahasiswa KKN ini selain penyuluhan,tetapi juga mengambil data agar mereka mengetahui terkait dengan kesehatan masyarakat.

“Mahasiswa KKN ini mereka hanya fokuskan pada kesehatan,walaupun desa Waelihang merupakan desa perikanan,namun informasi kepada kami,mereka khususkan untuk kesehatan,”jelasnya.
“Kalau perikanan,mungkin lebih ke masalah limbah yang dapat mempengaruhi kesehatan masyarakat,”tandasnya.

Reporter :

Editor Aris Wuarbanaran

Check Also

Antusias Siswa Ikut Program Presisi Di SMK Negeri 7 Ambon Cukup Baik

AMBON,N25NEWS.com-Program presisi dengan pendekatan siswa serta kondisi disekitarnya,dimana siswa tertantang untuk mencari sendiri sumber,lewat ide …