Maluku Dapat Bantuan Sapi Qurban Berbobot 900 Kg Dari Presiden Jokowi

AMBON,N25NEWS.com-Pemerintah Provinsi Maluku mendapat bantuan Sapi Qurban dari Presiden Republik Indonesia,Joko Widodo.Sapi Qurban bantuan tersebut berbobot 900 Kg,untuk perayaan pada Idul Adha 1442 Hijriah Tahun 2021 ini diserahkan ke Masjid Raya Al-Fatah Ambon,Senin (19/7/2021).

Adapun,penyerahan hewan kurban sapi bantuan Presiden Jokowi yang diterima Imam Besar Masjid Raya Al-Fatah Ambon, KH. RR Hasanussy.

Penyerahan hewan kurban dari Presiden Jokowi ini dilakukan langsung oleh Kepala Biro Kesejahteraan Rakyat (Kesra) Setda Provinsi Maluku, A.H. Muhamad didampingi Plt Kepala Dinas Pertanian Provinsi Maluku, Jasmin Badjak di masjid terbesar di Kota Ambon ini.

“Hari ini kami serahkan sapi Qurban dari Presiden yang beratnya 900 Kg,”sebut A.H. Muhamad disela-sela acara penyerahan hewan Qurban tersebut.

Dijelaskan Muhamad,Sapi Qurban ini dibeli dari peternak di Kabupaten Buru.Dimana,Sapi berbobot 900 kg tersebut merupakan hasil inseminasi buatan atau kawin alam dan lebih banyak terdapat di Kabupaten Buru.

Menurutnya lagi,inseminasi buatan ini sebenarnya telah dikembangkan sejak tahun 2013 yang prosesnya di genjot pada beberapa sentra perternakan sapi dan salah satunya dari Kabupaten Buru.

“Ide inseminasi ini mungkin di kabupaten yang lain belum dikembangkan,sebab ketika sapi baru bertambah besar sudah langsung dijual,namun di Buru memang dipersiapkan untuk sapi yang memiliki bobot 900 kg,”jelasnya.

Diketahui ide ini sudah mulai diikuti oleh Kabupaten lain seperti Seram Bagian Barat,dimana pihaknya mendapat sapi dari SBB dengan bobot 800 kg.

Sementara sapi kurban dari Gubernur Maluku dengan bobot 800 Kg dari jenis peranakan Ongol yang didatangkan dari Seram Bagian Barat (SBB) telah diserahkan ke Desa Hila, Kecamatan Leihutu, Kabupaten Maluku Tengah.

Untuk 80 ekor sapi dan 50 ekor kambing hewan Qurban dari Pemprov Maluku pada Idul Adha 1442 Hijriah ini, kata dia telah diserahkan ke panitia Qurban masjid-masjid yang ada di Kota Ambon, Maluku Tengah dan Buru Selatan.

“Mudah-mudahan dengan adanya penyembelihan kurban pada Idul Adha 1442 Hijriah ini memberikan berkah kepada kita sekalian,”tandasnya.

Sedangkan Imam Masjid Raya Al-Fatah Ambon, KH. RR Hasanussy menyampaikan rasa terimakasih kepada Presiden Jokowi atas bantuan hewan Qurban ini.

“Mudah-mudahan Allah SWT menjadikan pahala yang besar dan berikan perlindungan kepada bangsa kita supaya berjalan dengan baik,”tandasnya.

Reporter : Billy
Editor : Aris Wuarbanaran

tags

Check Also

Taati Anjuran Pemerintah Jemaah As Shalihin Laksanakan Malam Takbiran Di Mesjid

BANDA NAIRA,N25NEWS.com-Suasana malam takbiran di Banda Naira,khususnya di desa Lonthoir Kecamatan Pulau Banda terlihat sepi.Kondisi …