Melalui Madivun Adat,Kapolres Malra diangkat  Sebagai Putera Kei

MALRA,N25NEWS.com -Kapolres Maluku Tenggara, Indra Fadillah Siregar, SH, SIK, MH diangkat dan diterima sebagai Putera Kei melalui acara “Madivun Adat” di kediaman Rat Famur Danar, Ohoi Danar, Selasa,18 Februari 2020.

Bupati Maluku Tenggara, M. Thaher Hanubun menjelaskan bahwa inisiasi ini merupakan suatu gambaran akan kecintaan dan kerelaan Indra Fadillah Siregar untuk benar-benar menyatu dengan Masyarakat Kei.

Menurut Bupati di Kabupaten Maluku Tenggara, Kelembagaan Adat dan Masyarakat Hukum Adat diakui dan dihormati dalam kedudukan sebagai mitra pemerintah daerah.

Hal ini berdasarkan UU No 23 Tahun 2014 tentang Pemerintah Daerah mengamanatkan salah satu kewenangan Pemerintah Daerah Kabupaten/Kota dalam Penyelenggaraan urusan Pemberdayaan Masyarakat Desa adalah Pemberdayaan Lembaga Adat dan Masyarakat Hukum Adat.

Komitmen Bupati ini,selalu dan senantiasa menjaga Keharmonisan tiga tungku (Adat, Pemerintah dan Agama) akan selalu diperjuangkan, termasuk peran yang akan dilaksanakan guna kelancaran pembangunan daerah ini.

Baca juga :   Warek III Unpatti Membuka Dialog Publik HMI Cabang Ambon

Dirinya mengakui, dengan penerimaan dan pengangkatan Bp. Indra Fadillah Siregar menunjukan suatu penghormatan dan pengakuan yang sekaligus menggambarkan cinta dan kesatuan dengan Masyarakat Kei.

Lanjut Hsnubun, masyarakat Kei harus berbangga, bahwa kehidupan kita sebagai suatu kesatuan masyarakat hukum adat diapresiasi dan benar-benar dihargai. Bupati tegaskan, hal ini harus menjadi refleksi bagi kita, untuk bagaimana kita mampu mengembangkan nilai-nilai luhur adat-istiadat kita.

Dirinya berharap, jika Indra Fadillah Siregar mampu menghargai adat-istiadat orang Kei, maka sudah selayaknya orang Kei sendiri harus lebih mampu untuk mencintai adat budayanya.

Untuk diketehui turut hadir  pada kegiatan tersebut, Wakil Walikota Tual, Forkopimda Maluku Tenggara dan Para Rat.

Sumber : Humas Malra

Editor : Redaksi

Check Also

Kecam Keras,GAMKI Maluku Minta Pencatutan Nama Organisasi Dan Lembaga Gereja Untuk Seruan Politik  Di Bawa Ke Jalur  Hukum

AMBON,N25NEWS.com-Dewan Pimpinan Daerah Gerakan Angkatan Muda Kristen Indonesia (DPD GAMKI) Provinsi Maluku menyatakan sikap terkait …