Nelayan Kampung Pisang Temukan Ikan Mola Sepanjang Dua Meter

AMBON,N25NEWS.com-Tiga orang nelayan asal Kampung Pisang  di pesisir pantai desa Poka Kecamatan Teluk Ambon Kota Ambon kembali menemukan ikan jenis Mola sepanjang dua meter dan lebar 1,5 meter dengan berat 200 kilogram.

“Ikan itu,kami temukan pada saat sedang melaut di sekitar perairan Teluk dalam Ambon,”kata Anang salah satu nelayan di Kampung Pisang,senin (19/5/2020).

Lebih lanjut,Anang menceritakan ikan raksasa dengan bentuk tidak biasa itu,ditemukan saat ia bersama dua rekannya melaut sekitar 10.30 WIT.

Saat itu,mereka melihat ada benda besar yang terjaring pada jala mereka.Karena penasaran akhirnya mereka mengarahkan perahu (bodi) untuk menangkap benda besar tersebut yang ternyata adalah ikan Mola.

“Ikan ukuran jumbo tersebut,kita angkat ke perahu.Kami sempat kesulitan mengangkat ikan itu karena sangat berat.Namun sebelumnya nelayan di lokasi yang sama pernah menemukan ikan sejenis itu,”ungkap Anang.

Selain itu,kata Anang dengan di temukan ikan tersebut,membuktikanbahwa perairan Teluk Ambon masih kaya dengan berbagai jenis ikan.Bahkan diperkirakan ada ribuan jenia ikan yang jenis spesies langka.

“Kalau bentuk kepala mirip ikan pari dan badanya mirip ikan layar,sedangkan siripnya mirip hiu,jadi bentuknya unik,”ujarnya.

Ikan berukuran besar itu kemudian dibawa ke tempat tinggal para nelayan tersebut dan kemudian beberapa warga (Bosi dan Feky) membersikannya.

Adapun,bentuknya aneh membuat ikan tersebut menjadi tontonan warga Kampung Pisang.Dan hanya sedikit warga yang mengenal ikan itu sebagai ikan Mola atau Mola-Mola.

Berdasarkan berbagai sumber,ikan Mola memiliki banyak nama,namun ikan tanpa sirip ekor itu,umumnya disebut dengan ikan matahari atau Oceanic Sunfish.

Selain itu,ikan Mola merupakan salah satu ikan langka dan terancam punah.Gerakannya yang lambat membuat ikan itu rentan terhadap serangan predator laut dan perburuan ilegal.

Untuk diketahui ikan Mola adalah ikan bertulang terberat di dunia dengan berat rata-rata 2,2 ton.Bahkan lebih besar pernah tercatat dengan beratnya mencapai 5,1 ton.

Reporter      : Aris Wuarbanaran

Editor           : Redaksi

 

Check Also

299 Tamtama Remaja Resmi Dilantik Di Rindam Pattimura

AMBON,N25NEWS.com-Pangdam XVI/ Pattimura, Mayjen TNI Bambang Ismawan, S.E, M.M., yang diwakilkan oleh Kasdam XVI/ Pattimura, …