Pegadaian Salurkan Bantuan untuk Korban Gempa Ambon

AMBON,N25NEWS.com -PT Pegadaian (Persero) Area Ambon melalui program BUMN hadir untuk negeri, turut ambil bagian dalam membantu korban gempa yang melanda Kota Ambon dan sebagian besar wilayah Maluku Tengah.

Bantuan yang diberikan dalam bentuk semabako untuk pengungsi yang terkena dampak gempa bumi 6,5 magnitudo di Kecamatan Saluhutu Kabupaten Maluku Tengah (Malteng).

Kepada awak media di Ambon, Rabu(2/10) Vice President PT Pegadian (Persero) Area Ambon Asih Subekti mengatakan, pihaknya telah menyalurkan bantuan dibeberapa titik pengungsian korban gempa di beberapa titik di desa Tulehu Kecamatan Salahutu dengan membawa bahan-bahan pokok yang sangat dibutuhkan oleh para pengungsi.

“Bantuan disalurkan di titik pengungisan yang terdampak paling parah, salah satunya di daerah Tulehu, yang bantuanya sesuai dengan kebutuhan dilokasi pengungsian, baik berupa selimut, tikar, susu, mie instan dan bahan makanan lainnya, sesuai hasil peninjauan dari tim sebelumnya,”ungkap Subekti.
Ia menjelaskan, program bantuan Pegadian BUMN hadir untuk negeri, merupakan bentuk kepedulian Pegadian terhadap lingkungan sekitar, dengan terjun langsung ke lokasi bencana memberikan bantuan untuk membantu masyarakat yang terdampak.

Dimama Pegadaian merasa terpanggil dan bertanggung jawab sebagai salah satu BUMN yang harus aktif berperan membantu Pemerintah Daerah dalam melaksanakan upaya tanggap darurat pada setiap situasi bencana.

Bantuan telah disalurkan langsung oleh pihak Pagadian kepada masyarakat yang terkena dampak gempa, namun karena ada instruksi dari Kementerian BUMN maka dibawa ke Posko Bantuan yang sudah ada.

Baca juga :   Pabung Malteng Lepas Anggota Pindah Satuan

Sebab kata dia, Menteri BUMN telah menyurati ke masing-masing BUMN yang ada di Maluku sesuai program BUMN Hadir Untuk Negeri guna menyalurkan bantuan kepada masyarakat di Maluku yang terkena dampak gempa beberapa waktu lalu.
Akan tetapi dalam mekanisme penyaluran dengan tujuan agar bantuan tersebut tidak tercecer ke mana-mana, maka ditunjuknya PT. Wika selaku koordinator untuk menerima semua bantuan dari BUMN yang ada di Maluku.
PT.Wika juga akan membuat serah terima bantuan dari masing-masing BUMN, kemudian mereka juga harus melakukan koordinasi dengan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), terkait penyaluran bantuan itu kepada masyarakat yang terkena dampak gempa.

Bantuan tersebut melalui dana BL dari PT Pegadaian (Persero) Cabang Ambon dan Cabang Nusaniwe senilai Rp.30.000.000,- (Tiga puluh juta rupiah) dan dana tersebut dibelikan perlengkapan dan kebutuhan warga yang mengungsi.

Bahkan sebelum diserahkan langsung kepada warga yang mengungsi diadakan penyerahan secara simbolis dengan PIC dari pihak Kementrian BUMN yang diwakili oleh PT. Wika.

“Bantuan tersebut merupakan tahap pertama, rencana ada bantuan tahap kedua, namun masih menunggu perintah pusat sesuai dengan usulan yang telah kami sampaikan,”ungkap Subekti.

Check Also

UPT Pemasyarakatan Sabet Penghargaan Dari Dirjenpas

AMBON,N25NEWS.com  – Delapan Unit Pelaksana (UPT) Pemasyarakatan di lingkungan Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Hukum dan …