Pemda Malra Gelar Kegiatan KP2K

MALRA,N25NEWS.com – Pemerintah Kabupaten Maluku Tenggara menggelar kegiatan Konvergensi Percepatan Peningkatan Kesejateraan Malra ( KP2K MALRA ) jumat (20/12/2019) di Aula Gedung Kantor Bupati.

Dalam Kegiatan KP2K tersebut Prof, Dr Martani Husaini Selaku Pakar dibidang Administrasi mengatakan, Gagasan dari Pemerintah Daerah saat ini dimulai Visi – Misi dari Bupati Drs. M Taher Hanubun dan Wakil Bupati Ir. Petrus Beruatwarin M, Si. Adalah Untuk mempersatukan ide dari konvergensi itu sendiri dalam mempersatukan gagasan – gagasan dari setiap masyarakat dan keinginan terhadap dirinya.

Selain itu dalam mempersatukan potensi – potensi dari setiap ohoi/desa melalui konvergensi untuk percepatan dalam merubah angka statestik,karena dari data statestik angka kemiskinan dimaluku tenggara mencapai 23% sehingga kedepan dari 192 ohoi/desa harus masing – masing ohoi/desa memiliki komunitas karena saat ini kita telah berada pada zaman 4.0.

Dia mencontohkan bahwa saat ini kita telah berada pada zaman teknologi berbasis informasi digital dimana setiap masyarakat bisa dapat berkomunikasi langsung dengan kepala daerah melalui video coll dengan handpone android yang standar saja.

“Saya  sarankan pemerintah daerah harus menjadi pelopor dengan membentuk komunitas era digital agar dapat menghubungkan pemerintah daerah dengan masyarakat melalui media sebagai penyelanggara untuk berdialog secara langsung,”ujar Martani Husaini.

Katanya lagi, bila ingin memerangi kemiskinan Pemerintah Daerah, Akedemisi, pembisnis,
Media dan komunitas harus bersatu,namun bila perangkat ini tidak di manfaatkan secara baik maka yang rugi adalah kita sendiri karena spirit yang ada pada setiap komponen yaitu untuk menentaskan kemiskinan didaerah ini

“Bila niat dan keinginan bersama dalam menentaskan kemiskinan yang terjadi melalui program dari Bupati Drs. M Taher Hanubun yaitu Sister Citty agar Maluku Tenggara memiliki Jalur kerjasama dengan Internasional,”saran Husaini.

Dirinya menawarkan agar pemerintah maluku tenggara bila berkeinginan untuk membangun kerjasama dengan negara – negara maju dengan tingkat peredaban terbaik di dunia adalah negara Jepang,

“Jepang walaupun tidak menganut agama islam tapi islami ada di jepang karena kehidupan toleransi pada masyarakat jepang sangat diakui dunia, katanya,”tandasnya.

Dirinya mengakui konflik sosial yang terjadi di kepulauan Kei pada waktu tahun 1999 dengan sendirinya redam dan pemerintah harus memberikan suatu bentuk penghargaan dimana Drs. M Taher Hanubun selaku tokoh perdamaian saat itu dengan berani memperdamaikan konflik yang terjadi walaupun agamanya minoritas di Daerah kepulauan Kei.

Diakuinya juga masyarakat Kei sangat menjaga nilai – nilai purwalitas itu dengan baik sehingga konflik sosial yang terjadi dengan sendirinya dapat di atasi tanpa menimbulkan korban.

“Saya mengapreseasi  Bupati Maluku Tenggara dengan adanya kegiatan Konvergensi ini dapat memberikan gambaran agar kedepan tentang program master plan dapat dikontrol dan insentif dapat di buat untuk kebaikan bersama,”kata Prof, Dr Martani Husaini Selaku Pakar di bidang Administrasi.

Reporter : Pae Rahakbauw

Editor : Redaksi

Check Also

Ketua DPD SKP Malra: Pemerintah, TNI-Polri Semakin Kompak Menanggulangi Wabah Covid-19

MALRA,N25NEWS.com – Ketua DPD Satria Kita Pancasila Maluku Tenggara yang juga Wakil Bupati Malra Petrus …