Pemeriksaan 52 Penumpang Ambon Tual Saumlaki Di Perketat

SAUMLAKI,N25NEWS.com-Pemeriksaan terhadap 52 penumpang KM Sabuk Nusantara 103 di pelabuhan Saumlaki di perketat sampai ke lokasi karantina di SMA Negeri 4 Wertamrian, Kabupaten Kepulauan Tanimbar (KKT),minggu (10/5/2020).

Adapun,penumpang yang menumpangi KM Sabuk Nusantara 103 berjumlah 52 orang yang terdiri dari 30 mahasiswa dari Ambon,12 karyawan PLN,3 TNI dan polisi semuanya dari Ambon,serta 7 penumpang TNI dan polisi bersama dengan keluarga dari Tual.Selain itu,1 penumpang anak,mereka langsung diterima oleh Tim Gugus Tugas (Gustu) KKT.

Adapun,kapal tersebut tiba di pelabuhan Saumlaki pada pagi hari sekitar pukul 09.00 WIT,namun kapal tersebut hanya berlabuh belum bisa bersandar di dermaga,karena menunggu tim pemeriksa pelabuhan naik ke kapal sekitar pukul 11.25 WIT,guna melakukan pemeriksaan terhadap semua penumpang.Setelah dinyatakan aman barulah kapal disandarkan ke dermaga sekitar pukul 12.00 WIT.

“Saya meminta kepada penumpang untuk mengikuti dan mentaati seluruh proses yang Tim Gustu laksanakan saat ini.Selain itu,tim telah bekerja secara all out untuk memutuskan mata rantai Covid-19,olehnya dimintahkan dukungan dari penumpang agar dapat bekerjasama,sebab KKT masih dinyatakan zona hijau,”kata Wakapolres MTB Kompol Ledevikus Thethol saat memberi arahanya kepada penumpang.

Sementara itu,pada kesempatan yang sama Plt Sekda KKT Ruben Morelkosu dalam sambutannya menyampaikan selamat datang kepada penumpang dan meminta agar harus mentaati aturan yang telah dibuat Pemda KKT dan Gustu penanganan Covid-19.

“Masyarakat sangat sayang dan cinta kepada penumpang maka sebaliknya penumpang harus sayang kepada keluarga dan saudara-saudara kita yang ada didaerah ini,untuk itu,saya minta ada penertian baik dari penumpang untuk mengikuti proses yang ada,”ujar Morelkosu.

Selain itu,Wakil Ketua I DPRD KKT Jidon Kelmanutu pada kesempatan itu,mengatakan,sebagai wakil rakyat dirinya meminta pengertian baik dan kerjasama dari semua komponen masyarakat agar sama-sama memerangi dan memutuskan mata rantai Covid-19 di kabupaten tercinta ini.

“Untuk itu,saya berharap kepada mahasiswa dan penumpang lainnya untuk bekerja sama dengan petugas Gustu Covid-19 dan Pemda agar daerah ini dapat bebas sepenuhnya dari virus corona,”tandas Kelmanutu.

Untuk diketahui,selesai arahan dari ketiga pimpinan daerah tersebut,maka penumpang diberi izin untuk turun dari kapal sesuai arahan dannpetunjuk dari tim hingga proses pemeriksaan berakhir dari Gustu sampai pada pengangkutan ke tempat karantina.

Reporter       : M.Samangun

Editor           : Aris Wuarbanaran

Check Also

Wabup Kepulauan Tanimbar Agustinus Utuwaly Menyerahkan Sertifikat Tanah Kepada Masyarakat Makatian 

SAUMLAKI,N25NEWS.com-Wakil Bupati Kabupaten Kepulauan Tanimbar,Agustinus Utuwaly,S.Sos yang didampingi Kepala Kantor Wilayah  (Kakanwil) Badan Pertanahan Nasional …