Pendaftaran CPNS Capai 9 Ribuan Pelamar,17 Desember Pengumuman Hasil Seleksi Administrasi.

AMBON,N25NEWS.com-Sejak dibuka pada tanggal 15 November 2019,hingga kemarin,jumat 29 November tercatat sebanyak 9000 lebi pelamar mendaftar sebagai Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) Tahun 2019 lingkup Pemerintah Provinsi Maluku untuk memperebutkan 369 formasi jabatan.

Untuk diketahui,dari 369 formasi jabatan untuk CPNS tahun 2019 Lingkup Pemprov Maluku terdiri dari tujuh formasi untuk penyandang disabilitas dari tenaga kesehatan 10 formasi,tenaga teknis 90 formasi dan tenaga guru 262 formasi.

“Secara remi pendaftaran CPNS secara online ditutup hari ini (jumat) 29 November tengah malam dan tercatat sebanyak 9 ribuan lebih pelamar yang daftar,dari 9 ribu itu 8 ribunya sudah mengirimkan data-data persyaratan yang diperlukan sesuai ketentuan,”ungkap Jasmono Plt Kepala BKD Provinsi Maluku.

Jasmono mengatakan,dari jumlah yang telah mendaftar tersebut,terjadi peningkatan sekitar 200 persen jika dibandingkan tahun sebelumnya.

“Peningkatan (pendaftar)-nya cukup signifikan,kalau tahun-tahun kemarin kita hanya di angka 3 ribuan,tahun ini melonjak menjadi 9 ribu lebih pelamar yang mendaftar SCASN (online),”sambung Jasmono.

Adapun penyebab hingga terjadi lonjakan pendaftar ini,kata Jasmono,bisa dikarenakan oleh banyak faktor.Salah satunya ketersediaan jumlah formasi.”Kan orang mendaftar itu berdasarkan kualifikasi pendidikan,jadi bisa karena faktor itu,”terangnya.

Sementara itu,untuk pengumuman hasil seleksi administrasi ini kata dia akan dilakukan pada 17 Desember.

“Tapi untuk tahun ini ada kebijakan dari Kemenpan-RB ada masa sanggah,kalau tahun-tahun sebelumnya tidak ada masa sanggah selama 3 hari.Masa sanggah ini dimaksudkan bagi pendaftaran yang dinyatakan tidak memenuhi persyaratan,bisa menyampaikan klarifikasi kenapa tidak kenapa tidak diterima,kemudian dari instansi pelaksana memberikan jawaban terhadap keputusan ketidaklulusan yang beraangkutan sehingga ada keterbukaan dalam pelaksanaan seleksi administrasi,”jelasnya.

Adapun,setelah masa sanggah lanjut dia akan dilanjutkan dengan pengumuman hasil sanggah pada 27 Desember 2019,dilanjutkan dengan tahapan Seleksi Kompetensi Bidang (SKB) di 2020 dan pengumuman hasil akhir seleksi pada April 2020.

Baca juga :   Timotius Akerina Resmi Memimpin Kabupaten SBB Hingga Bulan Mei 2022

Sementara untuk Pasaing Grade (Nilai Ambang Batas) SKD dan SKB dalam selekai CPNS tahun ini,kata Jasmono lebih lanjut mengalami penurunan.

Hal ini dikarenakan berdasarkan hasil evaluasi secara nasional,banyak sekali daerah-daerah baik provinsi maupun kabupaten/kota pada seleksi CPNS tahun sebelumnya banyak yang tidak dapat memenuhi terget formasi karena peserta tidak memenuhi passing grade yang ditentukan.

Sehingga tahun ini ada kebijakan dari Kemenpan-RB menurunkan nilai ambang batas berdasarkan Peraturan Menpan-RB Nomor 24 Tahun 2019 tentang nilai ambang batas seleksi kompetensi dasar pengadaan CPNS tahun 2019.

Sementara untuk Tes Karakteristik Pribadi (TKP) nilai ambang batasnya 126 dari sebelumnya 143.Sementara Tes Intelegensia Umum (TIU) tetap yakni 80,sedangkan Tes Wawasan Kebangsaan (TWK) nilai ambang batasnya 65,turun dari sebelumnya 75,jadi ini berlaku secara nasional.

Dirinya berharap tahun ini semua formasi bisa terpenuhi karena perekrutan CPNS ini berkaitan dengan penyiapan Sumber Daya Manusia (SDM) dan sumber daya aparatur bagi Pemerintah Provinsi Maluku.
Sementara itu,mengenai simulasi Jasmono menjelaskan,di tahun ini melalui kerjasama dengan UPT-BKN,Pemprov Maluku melalui BKD menggelar simulasi CAT bagi para peserta yang akan ikuti seleksi CPNS tahun 2019-2020.

Simulasi ini bertujuan memberikan pembekalan bagi peserta yang akan mengikuti tes penerimaan CPNS sehingga pada saat ikuti tes yang sesungguhnya baik SKD maupun SKB mereka sudah siap.

Adapun,simulasi ini dilaksanakan selama dua hari yakni jumat 29 November bertempat di ruang CAT Pemda Maluku dan hari kedua yakni sabtu 30 November akan dilaksanakan di UPT-BKN di Karpan Ambon.

“Simulasi ini terbuka secara umum,siapa saja boleh mengikuti seleksi dengan mekanisme harus mendaftar dulu melalui BKD Provinsi Maluku,kemudia kita akan data dan diproses untuk ikuti simulasi,”tandasnya.

Reporter : Aris Wuarbanaran
Editor : Redaksi

Check Also

Timotius Akerina Resmi Memimpin Kabupaten SBB Hingga Bulan Mei 2022

AMBON,N25NEWS.com-Pelantikan Timotius Akerina sesuai dengan SK Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian dengan nomor 131.81- …