Pendidikan SKPP Dan  Masa Depan Demokrasi

Oleh : Burhanydin  Rumbouw
(Kader  SKPP Kota Ambon)

N25NEWS.com – Pendidikan Sekolah kader pengawasan partisipatif (SKPP) Dasar, Badan Pengawas Pemilihan Umum Republik Indonesia (Bawaslu RI). Ambon 29-31 Agustus 2021.

Berdasarka undang-undang dasar tahun 1945 pasal 1, ayat 2 Keudaulatan berada Di Rakyat, maka dalam proses penyelenggaraan sistem demokrasi harus mengedepankan kepentingan Rakyat umum.

Demokrasi pada dasarnya merupakan sistem pemerintahan dari rakyat oleh rakyat dan untuk rakyat, bukan sebaliknya dari penguasa oleh penguasa dan untuk penguasa, sehingga kehidapan didunia demokrasi harus memprioritaskan kepentingan umum dan kesejateraan rakyat.

Dalam sistem demokrasi, seorang pemimpinan dipilih oleh rakyat melalui pemilihan umum berdasarka undang-undang nomor 7 tahun 2017, maka kepetingan rakyat adalah indikator utama bagi seorang pemimpinan dalam menjalangkan visi dan misi pemerintahannya.

Rakyat adalah kesatuan dari individu-individu dalam satu negara atau daerah-daerah tertentu, yang memiliki hak penuh atas segala kebijakan yang di laksanakan oleh pemerintahan, baik hak hidup, hak keadilan sosial dan hak kebebasan Menyampaikan pendapat, sehingga pemerintah mesti dalam segala kebijakannya harus melihat secara totalitas hak individu yang usianya terhitung mulai dari alam rahim sampai menutup mata, agar kebijakan yang di laksanakan oleh pemerintah tidak hanya berpihak pada golongan atau kelompom tertentu.

Pemerintah daerah merupakan salah satu kesatuan dari pemerintahan sistem negara demokrasi, memiliki tanggungjawab penuh untuk menjadikan rakyat didaerah sebagai objek prioritas kebijakan didaerah secara jujur, adil dan tertanggungjawab demi terwujutnya masyaraksat sejahtera.

Dalam sistem negara demokrasi, lembaga negara merupakan representasi dari rakyat, bekerja atas nama rakyat yang harus berpihak kepada kepentingan rakyat bukan untuk golangan tertentu.

lembaga-lembaga negara yang berfunggi menyelenggarakan pemilu, mulai dari KPU, BAWASLU dan DKPP adalah salah satu kesatuan dari sistem demokrasi yang harus menjaga nilai-nilai demokrasi dan integritas nama lembaga sebagai perwakilian rakyat, memiliki tugas dan tanggungjawab yang diamanahkan dalam undang-undang untuk berorientasi pada kepentingan rakyat secara umum.

Maka rakyat adalah pemegang kekuasaan tertingi dalam sistem berdemokrasi, bukan kolega tertentu, maka demi tercapainya keadilan soal bagi seluruh rakya indonesia, pemerintah harus amanah dan jujur dalam merealisasikan segala program yang berhungan dengen kepentingan rakyat.

Pada dasarnya kehiduapan berdemokrasi harus memberikan ruang kebebasan untuk berpendapat dan harus menjunjung tinggi nalai-nilai keragaman setiap individu, serta melibatkan setiap individu untuk berperan aktif dan berpartisipasi, dalam mengontrol segala kebijakan yang dilaksankan oleh pemerintah, baik lembaga eksekutif, legislatif, maupun yudikatif.

Maluku merupakan provinsi Kepulawan yang terdiri dari 11 kabupaten/kota adalah bagian dari negara indonesia yang menganut sistem demokrasi, apakah pemerintah selama ini suda menjalangkan sistem demokrasi secara jujur dan Adil, apakah kebijakan yang di lakukan oleh pemerintah selama ini berpihak pada rakyat…?

Berdasarka fakta, bahwa sistem demokrasi yang di jalankan selama ini adalah sistem demokrasi transisi yang belum secarah penuh di rasakan oleh rakyat secara jujur, adil dan masi jauh dari amanat konstitusi nagara.

Hal ini menjadi salah satu tantangan dan tanggungjawab bagi setiap warga negara untuk mengawal sistem demokrasi untuk menuju pada orientasi demokrasi proposional dan terkususnya bagi setiap kader SKPP berkewajiban untuk membantu lembaga-lembaga penyelenggaraan pemiluh dalam hal ini KPU, BAWASLU dan DKPP untuk mangawal pesta demokrasi secara proposional, terbuka dan berintegritas agar penyelenggaraan pesta demokrasi di tahun 2024 nanti melahirkan pemimpin-peminpin yang amanah, loyalitas, Jujur dalam mangawal kepentingan rakyat umum.

 

Check Also

Bahasa Politik Dalam Sinergitas  Tokoh Tua  Dan Muda Maluku

N25NEWS.com -Salah satu sisi karisamatik seorang Bung Karno sebagai tokoh Bangsa, bahkan tokoh dunia yakni …