Peninggalan Sejarah Di Banda Bervariasi,Hilmar Farid : Perlu Dilakukan Pemetaan Untuk Melihat Kondisi Cagar Budaya

BANDA,N25NEWS.com-Sebagai upaya untuk melestarikan cagar budaya di Banda Naira,maka diperlukan pemetaan (maping) terkait kondisi situs beserta lingkungannya.

Hal ini disampaikan Hilmar Farid  yang adalah Dirjen Kebudayaan di Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan,kepada N25NEWS.com di Banda belum lama ini.

Menurutnya,ada beberapa hal penting yang membuat dirinya bersama tim Direktorat Jenderal Kebudayaan dan pihak Unit Pelaksanaan Teknis (UPT) di Ambon dan juga Ternate hadir di sini (Banda Naira).

“Seperti kita ketahui di Kepulauan Banda ini cukup banyak peninggalan sejarah dan kondisinya sangat bervariasi,sehingga kita melakukan apa yang kita sebut Maping atau pemetaan ada untuk melihat suatu cara dalam kondisi cagar budaya yang ada di Banda,”ungkap Hilmar Farid.

Dikatakannya lagi,dengan dilakukannya pemetaan,maka pihaknya kemudian akan langkah-langkah yang diambil untuk tim ini memastikan kelestarian cagar budaya di Banda Naira tersebut.

Lebih lanjut,Hilmar Farid mengatakan hal di atas merupakan poin pertama,sedangkan point keduanya yaitu,proses ini tentu juga melibatkan komunitas,masyarakat,para tokoh adat,tokoh masyarakat,termasuk juga pemuda yang kreatif.

“Sehingga nanti dalam pemanfaatan cagar budaya Banda ini,berbagai macam kepentingan bisa masuk,kenapa demikian?,karena cagar budaya ini adalah rumah bersama,”jelasnya.

Olehnya,karena rumah bersama,maka dalam satu ruang itu,akan melahirkan berbagai macam kreatifitas yang melibatkan semua unsur yang disebut tadi.

“Untuk itu,saya berharap, dengan ruang bersama ini kita dapat melihat aktivitas ibu-ibu dengan berbagai macam kuliner,ada juga anak-anak Paud yang belajar mengenai sejarah dan juga kaum muda yang ikut berkreasi dengan segala macam bentuk kegiatannya,itu adalah tujuannya,”tandas Hilmar Farid.

Reporter : Sarifudin Wala

Editor : Aris Wuarbanaran

Check Also

Donasikan Ukulele,Dokter Genti Kembali Tunjukan Kepedulian Terhadap Anak-Anak Maluku

AMBON,N25NEWS.com-Dokter Genti kembali mendonasikan alat musik tradisional Ukulele kepada anak-anak pada Jemaat GPM Waringin Pintu …