Penyerapan Dana Desa, Latue : Fokuskan Pada Kesejahteraan Hidup Masyarakat.

SBB,N25NEWS.COM – Penyerapan Dana Desa didesa Taniwel Kecamatan  Taniwel Kabupaten Seram Bagian Barat Provinsi  Maluku disasarankan untuk program peningkatan pemberdayaan masyarakat setempat dengan melakukan pembangunan rumah tidak layak huni dan MCK.

Hal ini disampaikan Kepala Desa Taniwel Adri Latue Kepada Media N25NEWS, Kamis ( 19/7/2018) dikatakannya ditahun 2018 ini ada beberapa program yang dicanangkan dan akan diimplementasikan secara bertahap kepada masyarakat setempat agar tersentuh secara ril dengan dana desa tahap pertama yang sudah dikucurkan ini.

” Yang saat ini sudah dijalankan dan  dibagikan kepada masyarakat di antaranya bantuan rehab rumah  tidak layak huni, MCK dan pengadaan anak kelapa Raja” ungkapnya.

Dijelaskannya,Rehab rumah tidak layak huni sebanyak 30 KK masuk dalam pemberdayaan dan bantuannya itu hanya berupa stimulan dan kepala keluarga setempat harus punya swadaya untuk menyelesaikannya.

” Bantuan yang didapatkan berupa 30 sak semen dan 30 lembar daun seng dan sisanya merupakan swadaya setiap masing masing 30 Kepala Keluarga itu sendiri ” tuturnya.

Latue menambahkan , ada pula program selain rehab rumah tidak layak huni yakni program bantuan MCK yang sasarannya untuk 20 Kepala Keluarga yang saat ini sudah  dalam proses pembangunannya dan sudah  diterima langsung oleh 20 Kepala Keluarga Desa Taniwel.

” 20 Kepala Keluarga sudah menerima  bantuannya secara langsung berupa, semen, tehel, pipa ,atap seng dan lain lainnya dan selanjutnya  akan dilakukan proses pembangunannya,” Uraikannya.

Olehnya itu, untuk tahap pertama tahun ini program  program yang difoksukan dan diarahkan kepada peningkatan kesejahteraan hidup keluarga berupa  bantuan MCK, rehab rumah tidak layak huni, dan pengadaan anakan kelapa Raja sebanyak 5000 anakan dan pengadaan obat obatan bagi posyandu serta program program operasional.

Oleh : Suneth Loehoe

 

 

 

 

tags

Check Also

Pemda SBB Berikan Bantuan Kepada 1.349 KK Kurang Mampu

PIRU,N25NEWS.com-Bupati Seram Bagian Barat (SBB) M. Yasin Payapo dan Wakil Bupati Timotius Akerina menyerahkan langsung …