Pergantian Sekda Jadi Viral,Inilah Klarifikasi Wagub Maluku

AMBON,N25NEWS.com-Gubernur Maluku Murad Ismail resmi menonjobkan Kasrul Selang dan menunjuk Pelaksana harian (Plh) sebagai penganti.Pasalnya,
Pemerintah Maluku beralasan Kasul Selang dalam masa pemulihan dan tidak perlu dipolitisasi.

”Apabila Sekda berhangan melaksanakan tugas,tugas sekda akan dilaksanakan oleh pejabat yang oleh gubernur sebagai perwakillan pemerintah pusat oleh persetujuan Mendagri sesuai UU nomor 23 tahun 2014 pasal 214 tentang pemerintah daerah,” jelas Wakil Gubernur Maluku Barnabas Orno kepada awak media di Kantor Gubernur Maluku, Rabu (21/7).

Menurut Wagub,kepala daerah menunjuk Plh apabila Sekda tidak bisa melaksanakan tugas kurang dari 15 hari kerja sesuai dengan pasal 3 tahun 2018 tentang Sekretaris Daerah.

Dijelaskan Wagub lagi,pengangkatan dan pemberhentian Sekda tentu berdasarkan peraturan dan perundang-undangan yang berlaku,sekalipun demikian dalam hal ini kepala daerah sebagai pejabat pembina kepagawaian memiliki hak.

”Jadi dengan demikian tidak perlu diperdebatkan lagi apalagi dijadikan konsumsi publik,”ujar mantan Bupati MBD ini.

Ditanya ketika dilakukan pergantian Kasrul Selang sudah melaksanakan tugas sebagai seorang Sekretaris Daerah,Wagub beralasan untuk pemulihan kesehatan.

Baca juga :   Camat Kairatu Barat Dilaporkan Ke Kejaksaan Negeri SBB,Oleh Gerakan Peduli Negeri Nuruwe

”Pergantian Sekda itu ada aturan dan ada tahapan yang diusulkan ke presiden melalui Mendagri.Tadi saya katakan menurut pertimbangan gubernur bahwa Sekda harus melakukan pemulihan secara total,” ujar wagub membela diri.

Akan tetapi dirinya juga membantah kalau sebelum Kasrul Selang diganti, Sekda sudah melaksanakan tugas.”Kalau menghadiri itu saya tidak tahu,” ujarnya.

Sekali lagi dia mengaku terkait dengan keputusan gubernur tentang penunjukan Plh yang saat ini menjadi perbincangan dan dipulikasikan di media sosial baik cetak maupun elektronik tentunya dapat mempengaruhi opini publik.

Maka perlu Pemprov Maluku merasa untuk menjelaskan hal ini kepada publik bahwa gubernur merasah perlu menunjuk Plh Sekda atas nama Sadli Ie adalah semata-mata untuk tugas-tugas yang sifatnya rutinitas.

“Keputusan tersebut dipertimbangkan untuk dilakukan karena Sekda beberapa waktu lalu terpapar Covid-19 dan sementara perlu melakukan pemulihan kesehatan secara total,” tegasnya.

Reporter : Aris Wuarbanaran
Editor : Redaksi

tags

Check Also

Latuconsina: Ada Keterlibatan Pimpinan Partai Lain Dalam Kisruh Internal Golkar Maluku

AMBON,N25NEWS.com-Wakil Ketua Bidang Kepartaian Bisri A.Sidiq Latuconsina mengatakan kader Partai Golkar yang tidak puas dengan …