Peringati HAB ke 74, Kakanwil Rekomendasikan 3 Pesan Penting Bagi Seluruh ASN Kemenag

AMBON,N25NEWS.com – Kementerian Agama (Kemenag) telah menginjak usia ke 74 tahun di Hari Amal Baktinya (HAB) pada 3 Januari 2020. Umur tersebut sudah terbilang matang bagi sebuah institusi yang berperan dalam mengembangkan nilai-nilai kehidupan keagamaan masyarakat Indonesia.

Sebagai bentuk rasa syukur atas dedikasi bakti Kementerian Agama kepada bangsa Indonesia selama 74 tahun, keluarga besar Kanwil Kemenag Provinsi Maluku melaksanakan upacara peringatan HAB yang dipimpin langsung oleh Gubernur Maluku, Irjen Pol (Purn). Drs. H. Murad Ismail di Lapangan Tahapari Polda Tantui, Ambon, Jumat (3/1/2020).

Meski hujan mengguyur Kota Ambon sejak pagi, tak menyurutkan langkah ASN Kemenag Maluku untuk hadir sebagai peserta upacara peringatan HAB Kementerian Agama ke 74 dibawah komando komandan upacara, Kepala Sekolah MIN 2 Ambon, Rudiman Tewe.

Acara puncak HAB Kemenag ke 74 Tahun 2020 mengusung tema “Umat Rukun Indonesia Maju”. Hadir mengikuti proses upacara peringatan HAB, Kakanwil Kemenag Maluku, Fesal Musaad, seluruh pejabat eselon III/IV Kanwil Kemenag Maluku, para pimpinan SKPD dan Forkopimda Maluku, beserta seluruh ASN Kemenag Maluku di Kota Ambon.

Kakanwil Kemenag Maluku, Fesal Musaad melalui kesempatan tersebut turut menaruh harapan besar dengan merekomendasikan 3 pesan penting bagi seluruh ASN Kemenag di Indonesia khususnya Maluku.

Pesan pertama, Kakanwil meminta seluruh ASN Kemenag kapanpun dan dimanapun dia berada agar terus menjadi motor penggerak untuk mewujudkan moderasi beragama, meneguhkan kehidupan keagamaan yang harmonis, cinta bangsa serta terus menjunjung tinggi harkat dan martabat kemanusiaan.

“Ini yang terpenting, karena mewujudkan moderasi beragama, meneguhkan kehidupan keagamaan dan kemanusiaan yang harmonis adalah tugas pokok dan prinsip Kementerian Agama,” terang Kakanwil.

Baca juga :   Jemaat Imanuel Amahusu,Gelar Diskusi Pencegahan Radikalisme Dan Sadar Konstitusi Berbasis Komunitas

Pesan kedua, sesuai tema HAB “Umat Rukun Indonesia Maju”, maka tidak ada kata lain bagi seluruh ASN Kemenag yang tersebar di seluruh pelosok tanah air terutama Provinsi Maluku, harus mampu menjadi penebar kedamaian kepada siapapun, kapanpun dan dimanapun tanpa mengenal batas agama.

Pesan terakhir yang ketiga, jika dilihat dari HAB ke 74, Kakanwil menyebut usia tersebut sudah terbilang matang bukan saja dari sisi intelektual maupun sosial, tetapi spiritualitas juga harus dikedepankan dan lebih diperkuat.

“Maka seluruh ASN Kemenag bukan saja matang dari sisi intelektual dan sosial, tetapi spiritualitas juga harus kuat,” pesannya.

Kakanwil berharap di Hari Amal Bakti ke 74 ini, seluruh Aparatur Kementerian Agama dapat terus berkemampuan untuk tidak sekedar menjaga dan merawat warisan para pendahulu bangsa Indonesia, tetapi dia juga harus mampu mengembangkan institusi ini menjadi center of exellence kerukunan, pendidikan, toleransi dan moderasi beragama, sehingga terwujud masyarakat Indonesia yang rukun, aman, dan damai dalam bingkai nilai-nilai agama menuju Indonesia maju.

“Oleh karena itu mari kita syukuri HAB Kemenag ke 74 tahun ini dengan menjaga, merawat, memelihara dan mengembangkan institusi ini untuk kepentingan masyarakat Maluku, masyarakat Indonesia,” tandas Kakanwil.

Upacara HAB Kemenag ke 74 selain dihadiri pimpinan Forkopimda dan SKPD terkait, hadir pula pimpinan organisasi keagamaan bersama tokoh-tokoh agama lainnya.

Oleh ZAM:

Editor : Redaksi

 

Check Also

Genjot Pembangunan Pondasi Mesjid Desa Nang,Satgas Pra TMMD Dan Warga Bahu Membahu

HALSEL,N25NEWS.com-Masjid Desa Nang yang masuk dalam sasaran pengerjaan pembangunan Fisik TMMD ke 112 Kodim 1509/Labuha …