Dr.H.Sindawa Tarang Ketua DPP Asosiasi Pemerintahan Desa Seluruh Indonesia (APDESI)

Pilkades Serentak Perlu Diadakan Guna Menjawab Pengelolaan DD

AMBON,N25NEWS.COM-Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak,sangat perlu diadakan,sebab hal ini sangat berdampak pada pengelolaan dana desa (DD),yang merupakan realisasi dari UU No 6 Tahun 2014,sehingga alokasi yang sudah dikucurkan oleh pemerintah dapat dikelola secara baik.

Hal tersebut dikatakan,Dr.H.Sindawa Tarang Ketua DPP Asosiasi Pemerintah Desa Seluruh Indonesia (APDESI) kepada awak media,saat ditemui pada acara Silatuhrahmi Nasional dan Workshop Pemerintah Desa Se-Maluku,yang berlansung di Hotel Santika Premire Ambon,selasa (28/8/2019).

Menurutnya,jika belum ada pemilihan kepala desa,maka hal ini sangat merugikan pemerintah dan masyarakat itu sendiri,sebab jika penunjukan Plt yang dari luar,tentu tunjangan dan harapan masyarakat susah diakomodir.

“Kenapa saya bilang penunjukan Plt dari luar susah mengakomodir harapan masyarakat,sebab kenyataanya Plt hadir henya beberapa hari saja di Kantor Desa setelah itu sudah pergi,tetapi kalau kepala desa defenitif,itu adalah kepala desa terbaik yang memahami kebutuhan masyarakat,”jelasnya.

Sementara itu,pengembangan kapasitas aparatur pemerintahan desa perlu diikuti oleh kepala desa dan jajarannya,karena dinamisasi Pemdes,semakin hari semaikin dinamis maka,tentunya membutuhkan kapasitas mumpuni untuk menyelesaikan persoalan-persoalan di desa.

“Oleh karena itu,kita harapkan dengan adanya workshop yang diadakan oleh kabupaten/kota maupun provinsi atau lembaga-lembaga terkait agar nanti pemerintah desa bisa menjadi solusi bagi harapan kebutuhan rakyat ini dimasing-masing desa,”ungkapnya.

Reporter    : Aris Wuarbanaran

Editor        : Redaksi

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Check Also

UPT Pemasyarakatan Sabet Penghargaan Dari Dirjenpas

AMBON,N25NEWS.com  – Delapan Unit Pelaksana (UPT) Pemasyarakatan di lingkungan Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Hukum dan …